Selasa 02 Aug 2022 20:46 WIB

Penderita Cacar Monyet Dapat Alami Komplikasi Berat Hingga Kematian

Cacar monyet bisa menyebabkan komplikasi berat pada penderitanya.

Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok CDC pada 1997 memperlihatkan kulit lengan kanan dan dada seorang pasien ditumbuhi lesi cacar monyet. Selama lesi masih ada, pasien cacar monyet masih bisa menularkan penyakitnya.
Foto:

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Satgas Monkeypox PB Ikatan Dokter Indonesia, Hanny Nilasari, mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mengurangi risiko penularan penyakit menular. Cacar monyet yang sedang melanda dunia pun bisa dicegah dengan cara yang sama.

"Secara umum PHBS adalah sesuatu hal yang mesti kita lakukan bersama-sama untuk mencegah penyakit ini (monkeypox)," katanya.

Selain itu, menurut Hanny, masyarakat juga diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga higienitas tangan. Guna menghindari terkena virus cacar monyet, ia juga mengimbau agar masyarakat untuk menghindari kontak langsung dengan hewan penular cacar monyet, seperti hewan pengerat, marsupial, primata, baik hewan mati atau hidup.

Jika seseorang mengalami ruam disertai demam atau gejala klinis mencurigai infeksi cacar monyet, segera hubungi fasilitas pelayanan kesehatan setempat. Hanny mengimbau masyarakat secara sukarela memberikan informasi yang jujur apabila mengalami gejala ataupun memiliki kontak dengan pasien monkeypox.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement