Rabu 03 Aug 2022 18:18 WIB

Dokter Kaget Lihat Penderita Cacar Monyet dengan Woles Naik Kereta di Spanyol

Dokter terkejut mendapati reaksi penderita cacar monyet ketika diedukasi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria di Spanyol kedapatan naik Metro Madrid dengan tubuh penuh ruam cacar monyet.
Foto:

Akhirnya, dr Henriques memilih untuk tidak berdebat lebih jauh. Cerita yang diunggahnya dalam sebuah utas di Twitter kemudian mendapatkan puluhan ribu likes.

Terkait cacar monyet, situs web National Health Service di Inggris mengatakan virus monkeypox dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak fisik yang dekat lewat luka kulit penderita. Virusnya dapat menyebar sampai ruam benar-benar sembuh, ketika semua luka telah terlepas dan lapisan kulit baru telah terbentuk.

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Ruam biasanya mulai muncul di wajah dan tangan sebelum menyebar ke anggota badan, bahkan hingga muncul di alat kelamin. Cacar monyet juga dapat ditularkan dengan menyentuh pakaian, seprai, atau handuk yang digunakan oleh seseorang yang terinfeksi virus tersebut, bahkan oleh droplet dari batuk atau bersin penderita.

"Siapa pun bisa terkena cacar monyet. Meskipun saat ini sebagian besar kasus terjadi pada pria gay, biseksual, atau berhubungan seks dengan sesama pria lain. Virus ini umumnya menular di antara orang-orang selama aktivitas seksual," tulis NHS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement