Ahad 07 Aug 2022 08:35 WIB

Cara Tepat Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog

Sebagian anak ada yang lebih mudah tantrum dibandingkan anak lainnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Anak balita sedang tantrum (ilustrasi). Orang tua perlu memahami penyebab anak tantrum.
Foto:

Caca mengungkap, HALT, yakni hungry (lapar), angry (marah), lonely (kesepian), tired (lelah), merupakan penyebab tantrum. Artinya, ketika anak tantrum, orang tua bisa mengecek apakah anak merasa lapar, marah, kesepian, atau lelah.

Jika sudah teridentifikasi, bisa dengan memberikan solusi atas empat kondisi yang ada. Selain itu, orang tua perlu melakukan validasi terhadap emosi anak, kemudian mencoba menenangkan anak.

Untuk itu, orang tua perlu memahami berbagai emosi yang bisa dirasakan anak. Orang tua sebaiknya tidak menolak emosi, sebab emosi tidak bersifat positif dan negatif. Alih-alih menolak, ajari anak cara mengelola emosinya.

"Sepanjang tantrum, temani anak biar anak tidak merasa sendirian dengan perasaannya. Terkadang yang menakutkan bukan perasaannya, tapi merasa sendirian dengan perasaan besar yang dia alami," kata Caca.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِاٰيٰتِ رَبِّهٖ فَاَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُۗ اِنَّا جَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًاۗ وَاِنْ تَدْعُهُمْ اِلَى الْهُدٰى فَلَنْ يَّهْتَدُوْٓا اِذًا اَبَدًا
Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sungguh, Kami telah menjadikan hati mereka tertutup, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka. Kendatipun engkau (Muhammad) menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk untuk selama-lamanya.

(QS. Al-Kahf ayat 57)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement