Senin 08 Aug 2022 13:24 WIB

Mengapa Lampu Pesawat Diredupkan Sebelum Mendarat? Ini Penjelasan Pilot

Lampu kabin akan diredupkan saat menjelang pesawat mendarat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kabin pesawat (Ilustrasi). Sesuai ketentuan penerbangan, lampu kabin akan diredupkan menjelang pesawat lepas landas dan mendarat.
Foto:

Bukan hanya lampu redup yang dibutuhkan dalam keadaan darurat. Biasanya, awak kabin juga meminta penumpang membuka tirai jendela saat lepas landas dan mendarat. Dengan begitu, penumpang akan lebih mudah melihat ke luar dan tahu jika terjadi hal yang tak diinginkan.

Ketika evakuasi diperlukan, awak kabin juga lebih mudah menilai kondisi di luar pesawat untuk menentukan pintu keluar yang dapat digunakan. Kapten Dave Thomas, kepala pelatihan penerbangan dan teknis British Airways, sebelumnya juga menjelaskan hal yang sama

"Ini sebenarnya diharuskan oleh peraturan sehingga Anda terbiasa dengan jumlah cahaya di luar pesawat jika harus turun dengan tergesa-gesa. Ini adalah semacam pendekatan 'berjaga-jaga' yang kami ambil untuk keselamatan pelanggan, memastikan penerbangan seaman yang kami bisa," kata Thomas.

Ketentuan yang sama soal peredupan lampu berlaku menjelang pesawat lepas landas. Penumpang juga diwajibkan untuk membuka penutup jendela, menegakkan sandaran kursi, dan memastikan meja dalam keadaan terlipat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement