Ahad 21 Aug 2022 18:50 WIB

Covid-19 Masih Menular Lima Hari Setelah Timbul Gejala, Isolasi Mandiri Berapa Hari?

Orang masih bisa tularkan Covid-19 lima hari setelah rasakan gejala.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Tes aliran lateral (LFT) dapat mengidentifikasi kapan seseorang tidak lagi menular dan bisa meninggalkan isolasi dengan aman.
Foto:

Meskipun demikian, ada ketidakjelasan tentang bagaimana menghentikan isolasi diri dengan aman. Studi yang dia lakukan bersama Lalvani dan tim diklaim sebagai yang pertama untuk menilai berapa lama infeksi berlangsung, menggunakan bukti kehidupan nyata dari infeksi yang didapat secara alami.  

photo
Durasi isolasi mandiri pasien positif Covid-19. - (Republika.co.id)

"Dengan demikian, temuan kami dapat menginformasikan panduan tentang cara mengakhiri isolasi diri dengan aman. Jika Anda dinyatakan positif Covid-19 atau memiliki gejala setelah melakukan kontak dengan seseorang yang terkonfirmasi Covid-19, Anda harus berusaha untuk tetap di rumah dan meminimalisasi kontak dengan orang lain," kata Hakki.

 

Penelitian melibatkan 57 orang dengan kasus Covid-19 ringan, melibatkan tes harian terperinci sejak orang terpapar SARS-CoV-2. Tes tersebut dilakukan untuk melihat seberapa banyak virus menular yang mereka keluarkan selama infeksi mereka, dikutip dari laman Indian Express, Ahad (21/8/2022).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُوْلُوْٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَمَآ اُنْزِلَ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَمَآ اُوْتِيَ مُوْسٰى وَعِيْسٰى وَمَآ اُوْتِيَ النَّبِيُّوْنَ مِنْ رَّبِّهِمْۚ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْهُمْۖ وَنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka, dan kami berserah diri kepada-Nya.”

(QS. Al-Baqarah ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement