Senin 07 Nov 2022 16:50 WIB

Rekomendasi Akademi Jakarta Soal Revitalisasi Planetarium

Pengelolaan POJ dinilai luput dari perhatian yang semestinya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja beraktivitas di area proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Jumat (11/3/2022).  Progres poyek revitalisasi TIM secara keseluruhan saat ini telah mencapai 89 persen diantaranya revitalisasi area Planetarium dan Pusat Latihan Seni, Galeri Annex, Graha Bhakti Budaya, Teater Halaman, Perpustakaan Galeri dan Wisma Seni, masjid Amir Hamzah dan area parkir. proyek revitalisasi TIM ditargetkan rampung pada akhir tahun 2022. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Berdasarkan pengamatan terhadap revitalisasi TIM, khususnya terkait Planetarium dan Observatorium Jakarta, Akademi Jakarta merekomendasikan langkah-langkah yang dinilai perlu segera dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan mitra kerjanya. Rekomendasi itu didukung oleh perwakilan masyarakat ilmiah dan himpunan masyarakat astronomi.
 
Rekomendasi pertama adalah seruan untuk merestorasi POJ agar dapat melaksanakan misi sebagai penyelenggara pendidikan publik yang bermartabat dalam topik luas sains astronomi. Akademi Jakarta berharap tidak terjadi pelemahan dan penciutan makna cagar budaya melulu sebagai objek wisata "Gedung Planetarium" tanpa kegiatan aktif Teater Bintang.
 
Kedua, Pemprov DKI Jakarta didesak segera mengadakan dan memperbaiki fasilitas, tata kelola, serta program Planetarium dan Observatorium Jakarta agar dapat melayani kepentingan belajar masyarakat secara optimal. Ketiga, memastikan pengelolaan Planetarium dan Observatorium Jakarta sebagai entitas ilmu pengetahuan dilaksanakan oleh lembaga yang terkait langsung, yaitu dinas pendidikan.
 
Keempat, memastikan penganggaran bagi pengadaan, pemeliharaan, dan perbaikan fasilitas Planetarium dan Observatorium Jakarta seperti proyektor, teleskop, ruang pameran, serta lainnya. Rekomendasi kelima, memastikan SDM pengelola Planetarium Jakarta memiliki pengetahuan dan keterampilan astronomi dan/atau ilmu terkait.
 
Poin rekomendasi keenam yakni memastikan terpasang papan nama Planetarium dan Observatorium Jakarta sesuai peruntukannya yang merupakan hadiah dari Pemerintah Republik Indonesia kepada warga Jakarta. Hal itu mengacu pada pidato Presiden RI pada pemancangan tiang pertama POJ 9 September 1964 silam. Ketujuh, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan bahwa revitalisasi dan restorasi Planetarium dan Observatorium Jakarta menjadi agenda kerja yang bersifat segera atau urgent.

 

 

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement