Selasa 27 Dec 2022 16:10 WIB

12 Penemuan Virus yang Viral di 2022, Virus Purba Hingga Flu Rusia (2)

Pada tahun 2022, ada 12 virus yang viral.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Mutasi virus (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Mutasi virus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam beberapa tahun, virus hampir menjadi perbincangan, khususnya sejak pandemi Covid-19 dimulai. Faktanya, virus memiliki peran dalam membentuk lintasan semua kehidupan di bumi. Pada tahun 2022, ada 12 virus yang viral. Yuk, simak deretannya bagian kedua, seperti dilansir Live Science, Selasa (27/12/2022):

Baca deretan pertamanya disini: 12 Penemuan Virus yang Viral di 2022 (1)

Baca Juga

Virus purba yang tunjukkan aktivitas di tubuh manusia

Sisa-sisa virus purba dapat ditemukan tersebar di seluruh genom manusia. Pernah dianggap sebagai "DNA sampah" yang tidak berfungsi, ternyata potongan genetik ini sebenarnya aktif di jaringan seluruh tubuh. Namun, hal yang dilakukan virus ini di jaringan sehat masih menjadi misteri dan jawabannya mungkin berbeda di setiap jenis jaringan.

Virus misteri yang ditemukan di lautan

Sebuah tim ilmuwan menjelajahi lautan dunia untuk mencari virus yang mengandung RNA, sepupu molekul DNA. Secara keseluruhan, mereka mengidentifikasi sekitar 5.500 spesies virus RNA yang belum pernah dilihat sebelumnya selama pencarian mereka. Untuk mengkategorikan semua virus baru, tim mengusulkan penggandaan jumlah kelompok taksonomi yang digunakan untuk mengklasifikasikan virus RNA, dari lima filum yang ada menjadi 10 filum.

Virus laut yang memengaruhi aliran karbon melalui ekosistem

Ribuan virus RNA yang baru-baru ini ditemukan di lautan dunia menginfeksi berbagai inang, termasuk jamur, ganggang, amuba, dan bahkan beberapa invertebrata. Dengan menginfeksi organisme yang mengeluarkan karbon dioksida dari atmosfer, virus misterius ini dapat memengaruhi bagaimana karbon mengalir melalui lautan secara luas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement