REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Microsoft Excel banyak digunakan di seluruh dunia untuk menyimpan dan menganalisis data. Terlepas dari berbagai alat analitik data baru di pasar, Excel tetap menjadi produk andalan untuk bekerja dengan data.
Dilansir dari SimpliLearn, Selasa (3/1/2023), Excel, sebuah aplikasi spreadsheet, dikembangkan oleh Microsoft pada 1985. Data di Excel berbentuk baris dan kolom. Excel umumnya digunakan untuk merekam dan menganalisis data, melakukan operasi matematika, dan memvisualisasikan data terstruktur dalam bagan dan grafik. Terakhir, aplikasi penting Excel lainnya adalah membantu mengotomatiskan tugas melalui makro excel.
Untuk melakukan tugas yang disebutkan di atas dengan cepat, Excel memiliki sekumpulan pintasan atau shortcuts. Berbagai operasi dapat dilakukan dengan beberapa ketukan keyboard sederhana.
Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Workbook Shortcut Keys.
Pada bagian ini, kita akan memahami dasar-dasar pengoperasian workbook. Yakni, mempelajari cara membuat workbook baru, membuka workbook yang sudah ada, dan menyimpan spreadsheet agar Anda tidak kehilangan data atau perhitungan yang telah Anda lakukan.
Berikut rumus yang dapat digunakan:
Untuk membuat workbook baru: Ctrl+N
Untuk membuka workbook yang sudah ada: Ctrl+O
Untuk menyimpan workbook/spreadsheet: Ctrl+S
Untuk menutup workbook saat ini: Ctrl+W
Untuk menutup Excel: Ctrl+F4
Untuk pindah ke sheet berikutnya: Ctrl+PageDown
Untuk pindah ke sheet sebelumnya: Ctrl+PageUp
Untuk masuk ke tab Data: Alt+A
Untuk masuk ke tab View: Alt+W
Untuk masuk ke tab Formula: Alt+M