Rabu 17 Jul 2024 02:12 WIB

Kolaborasi IP-KI dan ARWT Jadi Langkah Konkret untuk Lingkungan Lestari

IP-KI mendukung terciptanya lingkungan bersih & sehat melalui edukasi dan aksi nyata

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua Umum DPP Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IP-KI), H. Baskara Sukarya, membahas upaya menjaga pelestarian lingkungan dalam Podcast Asosiasi Rukun Warga Rukun Tetangga Se-Indonesia (ARWT).
Foto: dok istimewa
Ketua Umum DPP Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IP-KI), H. Baskara Sukarya, membahas upaya menjaga pelestarian lingkungan dalam Podcast Asosiasi Rukun Warga Rukun Tetangga Se-Indonesia (ARWT).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IP-KI), H. Baskara Sukarya, membahas upaya menjaga pelestarian lingkungan dalam Podcast Asosiasi Rukun Warga Rukun Tetangga Se-Indonesia (ARWT). Podcast Penjaga Nusantara episode ke-7 ini berlangsung di Rumah Podcast Penjaga Nusantara dan dipandu oleh Taufiq Supriadi, yang juga merupakan Founder Media Percontohan Pembelajaran Pencegah Krisis Planet di Malaka Jaya serta Wakil Ketua Umum ARWT Se-Indonesia.

Dalam diskusi tersebut, H. Baskara Sukarya menekankan tujuan pembentukan IP-KI, yang adalah untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan nasional. Selain itu, IP-KI juga berperan dalam berbagai inisiatif yang mendukung kemerdekaan dan pembangunan Indonesia. Baskara menyatakan bahwa IP-KI sangat mendukung terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat melalui edukasi dan aksi nyata seperti penanaman pohon dan pengelolaan sampah.

"Kami ingin bekerja sama dengan komunitas lokal untuk menerapkan program-program lingkungan sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan dan bela bangsa," ujar Baskara Sukarya. Ia juga mengapresiasi dan berkenan untuk bekerja sama dengan RT dalam program edukasi dan sosialisasi lingkungan. Salah satu contohnya adalah kegiatan di RT8 RW4 Malaka Jaya yang mendukung inisiatif 40 item pencegah krisis planet, termasuk pengelolaan sampah dan penanaman pohon.

Sementara Taufiq Supriadi, menyebut hadirnya Ketua Umum IP-KI, Baskara Sukarya, di acara ini menjadi penyegaran dan pencerahan bagi Sobat Penjaga Nusantara dalam mengembangkan pemikiran alam menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Taufiq juga menyoroti sejarah IP-KI sebagai organisasi kebangsaan tertua di Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Nasution dan Jenderal Gatot Subroto pada 20 Mei 1954. Menurutnya, IP-KI memiliki program utama untuk menjaga ekosistem, keanekaragaman hayati, dan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan.

"IP-KI ini jelas sangat luar biasa, dan semoga semakin banyak tokoh negara ini yang berkenan membahas lingkungan hidup supaya lingkungan kita tetap lestari," pungkas Taufiq Supriadi.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement