Selasa 10 Sep 2024 15:20 WIB

Jerman Dukung Indonesia Jalankan Transisi Energi

Kemitraan global sangat penting dalam memerangi krisis iklim.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
Konferensi pers pembukaan Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW) 2024, di Jakarta, Selasa (10/9/2024).
Foto: Frederikus Bata
Konferensi pers pembukaan Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW) 2024, di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerman menegaskan dukungannya untuk membantu Indonesia menjalankan transisi energi. Hal ini ditegaskan Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Republik Federal untuk Indonesia Thomas Graff pada pembukaan Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW) 2024, di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Berbicara di hadapan para hadirin, Graff menekankan pentingnya kemitraan global dalam memerangi krisis iklim dan menyoroti langkah-langkah signifikan yang telah diambil oleh kedua negara menuju masa depan yang berkelanjutan. Graff memuji Indonesia atas komitmennya yang teguh untuk berkontribusi dalam upaya dekarbonisasi global.

"Transisi energi bukanlah sebuah perjalanan yang dapat dilakukan sendirian. Seperti pepatah Afrika yang mengatakan, 'Jika Anda ingin pergi jauh, pergilah bersama,'" kata Graff, Rabu (10/9/2024).

Graff menambahkan Jerman bersama dengan mitra internasional lainnya, berkomitmen penuh untuk mendukung Indonesia dalam mencapai target iklimnya, terutama melalui Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan (Just Energy Transition Partnership/JETP).