Kamis 12 Sep 2024 21:36 WIB

ESG Summit 2024: Membangun Indonesia yang Berkelanjutan

Tujuan korporasi saat ini tidak boleh sekadar mencari keuntungan semata.

Rep: Eva Rianti / Red: Satria K Yudha
Kegiatan ESG Summit yang digelar Republika, di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (12/9/2024.
Foto: Republika/Prayogi
Kegiatan ESG Summit yang digelar Republika, di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (12/9/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Forum ESG Summit 2024 bertema ‘ESG Ala Indonesia’ yang digelar Republika menjadi suntikan tersendiri untuk makin menyadarkan pentingnya implementasi konsep environmental, social, and governance (ESG). Para narasumber dari unsur pemerintah hingga swasta yang hadir dalam forum tersebut satu suara mengenai pentingnya penerapan dan pengembangan konsep ESG dalam membangun Indonesia yang berkelanjutan.

“Dunia usaha harus bisa mengelola dampak dari bisnis yang dilakukan, berkaca dari tujuan korporasi semakin berkembang dan semakin berubah,” kata Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Fahrudin dalam diskusi panel ESG Summit 2024 yang digelar di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/9/2024). 

Baca Juga

Fahrudin menjelaskan, pada zaman revolusi Inggris, banyak perusahaan mengeksploitasi secara besar-besaran sumber daya alam, untuk menciptakan kemakmuran yang setinggi-tingginya bagi pemegang saham. Kondisi itu menyebabkan terjadinya banyak kerusakan alam dan penjajahan terhadap sumber daya, bahkan praktik perburuhan.

Seiring berjalannya waktu, dunia usaha makin sadar betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Transformasi pun terjadi.