Senin 23 Sep 2024 20:36 WIB

Mengenal NDC dan Mengapa Itu Penting?

NDC menggambarkan kebijakan atau keputusan suatu negara dalam mencapai nol emisi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Satria K Yudha
Pengendara motor melintas di lokasi Pilot Project Rumah Rendah Emisi di Perumahan Mutiara Gading City, Bekasi, Kamis (29/8/2024).
Foto: Republika/Edwin Putranto
Pengendara motor melintas di lokasi Pilot Project Rumah Rendah Emisi di Perumahan Mutiara Gading City, Bekasi, Kamis (29/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Negara-negara sepakat melaporkan rencana dan progres mereka dalam upaya penanggulangan perubahan iklim. Rencana dan target yang ditetapkan pemerintah masing-masing negara itu disebut Nationally Determined Contributions (NDC).

NDC menggambarkan kebijakan atau keputusan suatu negara dalam mencapai nol emisi. Awalnya, rencana ini dilaporkan ke PBB setiap lima tahun, tapi delegasi-delegasi Pertemuan Perubahan Iklim PBB (COP26) di Glasgow pada 2021 memutuskan untuk meningkatkan frekuensi pelaporan menjadi dua tahun sekali.

Laporan-laporan ini akan membantu negara-negara mengkoordinasikan aksi kebijakan iklim mereka satu sama lain. Selain itu juga dapat mengungkapkan langkah-langkah yang sudah dicapai menuju target iklim dunia.

Dalam laporannya Senin (23/9/2024), koalisi peneliti dari University of Oxford, Net-Zero Tracker menemukan 93 persen Produk Domestik Bruto (PDB) seluruh dunia sudah mencakup target nol-emisi. Tapi mereka mendesak janji nol-emisi diwujudkan dalam rencana yang kredibel.