Rabu 02 Oct 2024 17:40 WIB

PGE Diganjar Penghargaan, Padukan Potensi Energi Panas Bumi dan Kualitas Kopi Arabika

Pertamina Geothermal Energy (PGE) raih penghargaan di ASEAN Renewable Energy Project.

Red: Qommarria Rostanti
PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) berhasil meraih penghargaan bergengsi di tingkat ASEAN atas inovasi uniknya dalam bidang energi dan pertanian.
Foto: Dok. PT Pertamina Geothermal Energy (PGE)
PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) berhasil meraih penghargaan bergengsi di tingkat ASEAN atas inovasi uniknya dalam bidang energi dan pertanian.

REPUBLIKA.CO.ID. JAKARTA -- PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) berhasil meraih penghargaan bergengsi di tingkat ASEAN atas inovasi uniknya dalam bidang energi dan pertanian. PGE Area Kamojang, salah satu unit bisnis PGE, dinobatkan sebagai pemenang kategori off-grid thermal pada ASEAN Renewable Energy Project Awards 2024.

Prestasi ini diraih berkat pengembangan Canaya Geothermal Coffee, sebuah inovasi yang menggabungkan potensi energi panas bumi di wilayah Kamojang dengan kualitas kopi Arabika lokal. Dengan memanfaatkan panas dari fluida panas bumi, PGE membangun rumah pengeringan kopi yang efisien dan ramah lingkungan. Proses pengeringan menggunakan energi panas bumi ini menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi dengan aroma yang khas, sekaligus mengurangi waktu pengeringan dan biaya produksi.

Baca Juga

General Manager PGE Area Kamojang Rahmad Harahap mengatakan PGE Area Kamojang terus berkomitmen menciptakan ekosistem hijau tidak hanya dalam operasional perusahaan, tetapi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di sekitar area operasi. "Sebagai area yang menaungi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) tertua di Indonesia, PGE Area Kamojang berupaya memberikan dampak positif secara berkelanjutan untuk masyarakat di sekitar area operasi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id pada Rabu (2/10/2024).

Dia mengatakan dengan kapasitas terpasang hingga 235 GW, PGE Area Kamojang terus mencanangkan inovasi-inovasi untuk menyejahterakan masyarakat dengan memanfaatkan energi panas bumi. "Pencapaian kami di ASEAN Renewable Energy Project Awards 2024 sangat signifikan, terutama bagi para petani kopi, pebisnis, dan seluruh pihak yang dapat kami berdayakan melalui Canaya Geothermal Coffee,” kata Rahmad.

Inisiatif PGE Area Kamojang ini dinilai merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi para petani kopi Kamojang dalam mengeringkan biji kopi. Metode pengeringan konvensional dengan memanfaatkan sinar matahari sering kali terkendala faktor cuaca dan temperatur dingin wilayah pegunungan. Energi panas bumi memungkinkan rumah pengeringan biji kopi bisa beroperasi terus menerus dengan tingkat panas yang konstan.

Memanfaatkan excess steam dari PLTP Kamojang, waktu pengeringan bisa ditekan drastis dengan biaya murah. Selain itu, aroma biji kopi bisa dijaga karena dikeringkan di ruangan tertutup. Proyek ini meningkatkan efisiensi proses pengeringan biji kopi hingga 75 persen dibandingkan metode konvensional, menciptakan biji kopi yang berkualitas tinggi, dan mampu memproduksi hingga 24 ton biji kopi per tahun.

Proyek Canaya Geothermal Coffee juga berkontribusi dalam menekan emisi gas rumah kaca hingga 4 ton CO2e per tahun dan mendaur ulang sampah hingga 419,2 kilogram per tahun. Lebih jauh, proyek ini berkontribusi pada peningkatan pendapatan masyarakat hingga Rp 182,6 juta per tahun, menciptakan sebanyak 35 mitra business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C), dan memberdayakan sebanyak 265 petani kopi.

ASEAN Renewable Energy Project Awards merupakan salah satu kategori dari ASEAN Energy Award yang diselenggarkan oleh ASEAN Center for Energy sejak tahun 2000. Penghargaan ini ditujukan untuk mempromosikan inisiatif-inisiatif clean coal technology (CCT), efisiensi energi, dan pengembangan energi terbarukan sekaligus mengapresiasi praktik-praktik terbaik dalam pengembangan energi.

Sebelumnya, PGE Area Kamojang pernah memenangkan ASEAN Energy Awards 2023 pada kategori On-Grid Thermal atas penciptaan ekosistem hidup hijau oleh PLTP Kamojang Unit 5. Direktur Utama PGE Julfi Hadi turut mengapresiasi PGE Area Kamojang atas komitmennya terhadap penegakan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang mampu menciptakan nilai tambah bagi Perusahaan.

“Prinsip ESG merupakan salah satu nilai yang senantiasa dijunjung tinggi oleh seluruh pekerja PGE dalam aktivitas sehari-harinya. Dalam memajukan panas bumi sebagai tulang punggung transisi energi nasional, PGE selalu memastikan untuk menghasilkan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan, tidak hanya di area operasi, tetapi di Indonesia secara keseluruhan. Pencapaian PGE Area Kamojang di ASEAN Renewable Energy Project Awards 2024 merupakan bukti nyata bahwa PGE merupakan garda terdepan dalam mengembangkan dan mengoptimalisasi energi panas bumi di Indonesia,” kata Julfi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement