Selasa 25 May 2010 05:10 WIB

Pondokan Haji di Makkah Hampir Tuntas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Direktur Pelayanan Haji Kementerian Agama Zainal Abidin Supi mengungkapkan, secara keseluruhan pelayanan ibadah haji tahun 1431 H/2010 sudah dipersiapkan secara maksimal, khususnya persiapan pemondokan haji di Mekah, Arab Saudi, sudah hampir mencapai 100 persen.

"Sampai dengan 12 Mei, sudah 98,84 persen perumahan di Mekah yang sudah disewa meliputi 368 rumah," kata Supi kepada wartawan di Jakarta, Senin. Dari jumlah tersebut, kata Supi, jarak terjauh dari Masjidil Haram sejauh 4.000 meter, sebagian besar berada di Ring I atau dekat dengan Masjidil Haram. "60,99 atau 204 rumah berada di Ring I, dan 37,85 atau 164 berada di Ring II," kata Supi selaku Ketua Tim Perumahan.

Menurut dia, penyewaan sudah dilakukan sesuai petunjuk pimpinan. "Tidak asal sewa, tapi kita perhatikan jarak, kualitas," ujarnya. Pemerintah Indonesia pada tahun 2010 akan memberangkatkan sejumlah 211.000 jemaah dengan rincian 194.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus. "Tim masih berupaya mencari rumah untuk 2.294 jemaah, diharapkan mendapat rumah di Ring I," kata Supi.

Mengenai jemaah yang menempati rumah di Ring II, Supi menambahkan, pihaknya seperti juga tahun lalu akan menyediakan transportasi antarjemput dari dan ke Masjidil Haram.

Namun demikian, kata dia, harap dipahami bahwa pada menjelang prosesi haji arus transportasi di kota suci Mekah menjadi sangat padat. "Pada jauh-jauh hari lancar, mendekati hari H kemacetan terjadi karena banyaknya manusia ke Masjidil Haram," katanya.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement