Jumat 13 Aug 2010 06:39 WIB

Penjualan Honda Tumbuh 39 Persen

Rep: manstur faqih/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,Jakarta—Industri sepeda motor terus memperlihatkan pertumbuhan. Memasuki awal semester kedua, PT Astra Honda Motor (AHM) mencatat penjualan sebanyak 334.742 unit. Atau melonjak 39 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu yang hanya 241.028 unit.

Sepeda motor skutik (skuter otomatik) dan bebek (underbone) menjadi menjadi tulang punggung (backbone) Honda dalam memasuki pasar. Tipe bebek menyumbangkan angka penjualan 175.220 unit atau tumbuh 10,5 persen ketimbang Juli 2009. Sedangka skutik melambung 147,6 persen menjadi 155.728 unit.

Revo Series menjadi penyumbang angka penjualan terbesar di segmen bebek, yaitu sebanyak 95.042 unit. Kemudian diikuti Supra series dengan angka penjualan 68.582 unit. Absolute Revo DX tercatat sebagai varian motor bebek Honda dengan pertumbuhan angka penjualan terbesar, yaitu 72 persen yang diikuti Supra X CW yang tumbuh 63 persen.

Di segmen skutik, kehadiran dua model baru, PCX dan Scoopy, semakin memperkuat penetrasi Honda di segmen motor yang sedang naik daun ini. Penjualan Honda PCX pada bulan lalu tercatat 447 unit sedangkan Scoopy 13.056 unit. Di kelas ini, Beat masih menjadi skutik terlaris dengan angka penjualan 66.598 unit atau tumbuh 98 persen. Sementara itu, Vario CW dan Vario Techno masing-masing terjual sebanyak 49.751 unit dan 25.876 unit.

Senior GM Sales Division AHM, Sigit Kumala mengatakan, pencapaian AHM pada Juli ini diharapkan akan terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Hal ini mengingat Honda sudah memiliki line up motor di hampir semua segmen.

‘’Kami ingin Honda menjadi pilihan semua kalangan karena itu di setiap segmen tahun ini kami menghadirkan produk baru. Yang terakhir, awal bulan ini kami merilis New MegaPro dengan dengan mesin, desain, serta fitur yang baru dan canggih,’’ ujarnya.

AHM memasarkan New MegaPro dengan harga on the road DKI Jakarta Rp 19,5 juta untuk tipe pelek racing dan Rp 18,3 juta untuk tipe pelek jari-jari. GM Marketing Planning and Analysis Division AHM, A Indraputra menambahkan, untuk memperkuat rencana penjualan, perusahaan akan merilis program undian berhadiah bagi konsumen. Yaitu “Parade Hadiah Luar Biasa Honda” atau “Pahala Honda”.

Melalui program Pahala Honda ini, AHM menyediakan total hadiah sebanyak 8.888 jenis untuk setiap pembelian sepeda motor baru Honda yang dilakukan mulai 15 Agustus-15 Oktober 2010. Hadiah utama program Pahala Honda ini adalah 88 paket umroh. Terdapat pula 50 unit Revo type pelek jari-jari, 50 unit Scoopy, 100 emas batangan 25 gram, 500 unit Ipod nano, dan 500 unit Blackberry Gemini.

‘’Program Pahala Honda ini berlaku pembelian tunai maupun kredit. Kami berharap program ini akan makin memperkuat keterikatan emosi Honda dengan konsumen, terutama dalam momentum yang sangat penting buat masyarakat Indonesia yaitu Ramadhan dan Lebaran,’’ ujarnya.

Program ini akan dibagi dalam dua periode pengundian, yaitu periode I (15 Agustus-15 September 2010) dan periode II (16 September-15 Oktober 2010). Khusus untuk hadiah utama 88 paket umroh diundi di akhir periode dan berlaku untuk semua kupon undian, kecuali kupon yang sudah mendapatkan hadiah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement