Jumat 10 Dec 2010 20:11 WIB

RI-Jepang Sepakat Penyelesaian Konflik Korea Lewat Dialog

Rep: M Ikhsan/ Red: Siwi Tri Puji B
Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa
Foto: YOGI ARDHI/REPUBLIKA
Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA-Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Jepang Seiji Maihara di Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Jumat (10/12). Selain membahas sejumlah isu, kedua menteri itu melakukan penandatanganan kerjasama Development Policy Loan VII. Marty dan Seiji juga membicarakan soal konflik di Semenanjung Korea.

"Mengenai serangan artileri Korea Utara terhadap Korea Selatan, Jepang dan Indonesia telah mencapai kesepahaman dan berkonfirmasi untuk bekerjasama dan berkomunikasi dalam menangani soal ini," kata Seiji dalam konferensi pers. Seiji menghormati Indonesia dengan penduduk muslim terbesar bisa memainkan peran penting di tingkat regional dan global.

"Jepang dan Indonesia bekerjasama bukan sebatas dalam ekonomi bilateral saja, melainkan untuk bidang agenda regional dan agenda global," kata Seiji. Dia menyampaikan rasa hormat atas kepemimpinan Indonesia dalam Bali Democracy Forum III. Seiji menilai Indonesia telah berhasil sebagai negara demokrasi dengan penduduk lebih dari 200 juta orang.

Pertemuan bilateral ini dilakukan di sela Bali Democracy Forum III. Dalam kesempatan sama, Menlu Marty Natalegawa menyampaikan penghormatan atas kehadiran Seiji di BDF III.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement