Jumat 06 Aug 2010 06:46 WIB

Tekan Kemacetan Polda Evaluasi Putaran Kendaraan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Direktorat Lalulintas Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya siap mengevaluasi putaran kendaraan di jalan raya guna mengurangi kemacetan.

"Evaluasi putaran di jalan raya akan segera dilakukan untuk mengurangi kemacetan," kata Kepala Sub Direktorat Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Kanton Pinem di Jakarta, Kamis.

Pinem mengatakan putaran jalan raya merupakan salah satu faktor yang menimbulkan kemacetan di wilayah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Guna mengurangi kemacetan lalulintas, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan mengkaji, serta mengevaluasi keberadaan putaran jalan raya.

Pinem menyebutkan pihaknya telah mengobservasi beberapa kawasan di Jakarta Selatan yang kerap terjadi kemacetan akibat putaran. Polisi juga mendeteksi ruas jalan raya yang memiliki banyak putaran mengalami kemacetan karena kendaraan tersendat.

Selain itu, kemacetan kendaraan juga diakibatkan kawasan itu merupakan pusat perkantoran, kampus dan pusat perbelanjaan. Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta berencana untuk menutup beberapa titik putaran jalan raya yang menimbulkan kemacetan dan tidak efektif.

Beberapa terakhir ini, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi Jakarta gencar menggelar penertiban lalulintas. Kegiatan itu, antara lain Operasi Patuh Jaya pada 15 hingga 28 Juli 2010 dan Operasi Sterilisasi Jalur Busway mulai 2 Agustus hingga 31 Desember 2010.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement