Ahad 01 Aug 2010 01:09 WIB

Iwan Tirta Tutup Usia

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Maestro batik Indonesia Nusjirwan Tirtaamidjaja atau yang lebih dikenal dengan Iwan Tirta meninggal dunia di usia 75 tahun karena sakit. "Saya belum dapat keterangan dari dokter apa penyebab pasti bapak tidak ada, tapi bapak dirawat karena infeksi paru-paru dan jantung," kata sekretaris pribadi Iwan Tirta, Sutisna, di rumah duka Jalan Panarukan 25 Menteng, Jakarta, Sabtu (31/7).

Almarhum Iwan Tirta yang lahir di Blora, 18 April 1935, menurut Sutisna, mulai dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, sejak tanggal 21 Juli lalu. Mendiang juga, sempat melakukan cuci darah sebanyak enam kali.

"Tanggal 21 Juli tadinya mau dibawa ke RSPAD Gatot Subroto, tapi kata bapak terlalu jauh, jadi dibawa ke Rumah Sakit Abdi Waluyo. Bapak sehat waktu masuk rumah sakit, dia masih bisa bercanda," lanjutnya. Sutisna yang sudah bekerja dengan Iwan Tirta selama 35 tahun tersebut mengatakan bahwa desainer terkemuka Indonesia ini memiliki tiga saudara dari ibu yang berbeda.

Iwan Tirta yang tutup usia pada pukul 08.40 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo dibawa ke rumah duka sekitar pukul 11.00 WIB. Rencananya, menurut dia, jenazah akan dimakamkan di dekat makan sang ibu di TPU Karet Bivak selepas shalat Ashar.