Ahad 27 Nov 2011 13:00 WIB

Robbie Keane Kembali Tersenyum

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi
Robbie Keane
Foto: AP/Bret Hartman
Robbie Keane

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tersingkir dari skuad Tottenham Hotspur, Keane seolah kehilangan asa. Gagal bersinar dalam masa pinjaman di Glasglow Celtic dan West Ham United, Keane kian putus asa. Beruntung, LA Galaxy kepincut padanya.  

 

Sejak tiba di Los Angeles pada Agustus tahun ini, Keane menjadi rekrutan terbaik Galaxy musim ini. Ia tunjukan kualitasnya dengan bermain cepat dan cerdas saat berada di pertahanan lawan. Dua gol dari empat penampilan cukup menjadi bukti.

 

Tak heran publik The Home Depot Center --markas LA Galaxy-- memuji penampilan Kapten Irlandia ini. "Ia pemain hebat," komentar kapten LA Galaxy, Landon Donovan, seperti dikutip mlssoccer.

 

Menurut Lando, semenjak pertama kali datang, ia merasa Keane akan menemukan penampilan terbaiknya bersama LA Galaxy. Lando pun tak segan kembali memuji mantan pemain Leeds United tersebut. "Saya begitu terkesan dengan Keane. Saya masih ingat bagaimana ia memberikan umpan kepada saya. Benar-benar kelas dunia," puji Lando.

 

Keane pun membayar pujian itu dengan membawa LA Galaxy menjuarai MLS untuk kali ketiga. Di Final, dimana Keane juga bermain, Galaxy mengalahkan Dynamo Houston 1-0. "Brilian," singkat Keane seusai pertandingan.

 

Keane begitu menikmati musim perdannya bersama Galaxy. Apalagi, tim yang ia bela berhasil meraih gelar ganda. Sebuah prestasi yang didambakan Keane semenjak menjadi pemain profesional. "Rasanya luar biasa dapat menjuarai liga MLS," kata dia.

 

Keane tampil bagus dalam pertandingan final MLS. Ia bersama David Beckham berperan dalam terciptanya gol tunggal Lando saat mengalahkan Houston Dynamo.

"Ketika Anda bermain dengan pemain bagus, itu membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah," kata Keane. "Saya yakin Donovan akan mencetak gol."

 

Meskipun Donovan memenangkan penghargaan MVP, bisa jadi musim depan akan menjadi milik Keane. Tapi, kapten timnas Irlandia ini merendah. Ia cukup bahagia dengan keberhasilan Galaxy menjadi juara.

"Sebagai pemain, anda ingin terlibat dalam sebuah kemenangan. Itu adalah tolak ukur saya saat membela sebuah klub. Dan, saya senang telah mencapai hal itu. Mudah-mudahan tahun depan akan lebih baik," kata dia.

 

Keane pun menyukai atmosfer sepakbola AS. Menurutnya, apresiasi masyarakat AS terhadap sepakbola begitu luar biasa. Jauh dari apa yang sempat ia bayangkan sebelumnya. "Lihat saja, betapa antusiasme publik AS, utamanya pendukung tim terhadap kejuaraan ini. Jelas saya bahagia sekali," katanya.

 

Keane kemungkinan akan ambil bagian tur Galaxy ke Asia Tenggara. Pada 30 November mendatang, Galaxy akan meladeni timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Selanjutnya, LA Galaxy akan menghadapi timnas Filipina pada 6 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement