Kamis 13 Aug 2015 08:25 WIB

Wow, Makan Buah dan Sayur Bikin Penampilan Menarik

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah
Konsumsi sayur dan buah dengan porsi cukup mampu membuat penampilan menarik.
Foto: pixabay
Konsumsi sayur dan buah dengan porsi cukup mampu membuat penampilan menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Rajin makan buah dan sayuran membuat penampilan seseorang lebih menarik. Penelitian University of St Andrews di Inggris menemukan makan minimal dua porsi buah dan sayuran secara rutin setiap hari membawa perubahan nyata pada warna kulit dalam enam pekan.

"Sebagian besar kita tahu kita harus makan banyak buah dan sayuran, namun kita tidak cukup termotivasi untuk benar-benar memakannya," kata pemimpin peneliti, Ross Whitehead, dilansir dari Natural Health, Kamis (13/8).

Pengujian tambahan menemukan orang yang banyak makan sayuran dan buah secara teratur memang lebih menarik secara visual ketimbang orang yang hanya mengonsumsi dalam porsi kecil.  Peneliti lain, David Paretti mengatakan satu-satunya cara alami dimana tubuh bisa lebih ringan dan kulit lebih bersinar adalah diet sehat dengan memperbanyak makan buah dan sayuran.

Ketika seseorang makan banyak buah dan sayuran, ada senyawa kapur dan karotenoid di dalam buah yang bisa membuat kulit tampak lebih bersinar, kekuningan atau kemerahan. Hal ini terjadi pada ubi tumbuk atau wortel yang memberi efek kekuningan.

Tubuh memiliki sejumlah karotenoid, termasuk provitamin A dan likopen. Buah merah dan sayuran seperti paprika merah, tomat, mangga juga memiliki efek sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement