Jumat 03 Jan 2020 05:39 WIB

Haldi Wala Doodh, Susu Kunyit Asal India yang Menyehatkan

Haldi Wala Doodh merupakan minuman asal India yang sudah mendunia.

Rep: MGROL126/ Red: Nora Azizah
Salah satu minuman yang populer sejak masa kecil adalah haldi wala doodh atau biasa disebut dengan susu kunyit (Susu Kunyit)
Foto: PxHere
Salah satu minuman yang populer sejak masa kecil adalah haldi wala doodh atau biasa disebut dengan susu kunyit (Susu Kunyit)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa makanan dan minuman tertentu yang telah dipaksa orang tua untuk mengkonsumsinya sejak kecil. Meskipun tidak menyukainya, orang tua tetap memaksa anaknya untuk minum atau makan makanan tersebut.

Salah satu minuman yang populer sejak masa kecil adalah haldi wala doodh atau biasa disebut dengan susu kunyit. Dilansir dari pinkvilla, Jumat (3/1), susu kunyit berasal dari india yang sudah ada sejak dulu.

Baca Juga

Siapa sangka, minuman susu kunyit saat ini sudah mendunia. Hal ini karena susu kunyit kaya manfaat dan baik bagi kesehatan tubuh. Susu kunyit disebut sebagai 'jurus' mengonsumsi kunyit yang tergolong baik bagi tubuh tapi memiliki rasa kurang nyaman di lidah.

 

Berikut sejumlah manfaat susu kunyit yang baik bagi kesehatan.

 

Membantu peradangan

Kunyit mengandung bahan aktif utama, yaitu Curcumin yang dapat membantu mengendalikan peradangan. Kandungan curcumin sangat bagus untuk penderita penyakit arthritis serta membantu meredakan nyeri pada sendi. Tidak hanya mengurangi penyakit, tetapi juga dapat mengurangi kelelahan. 

Baik untuk kesehatan jantung

Kunyit sangat bagus untuk jantung, memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, Susu kunyit juga mampu membantu program diet untuk melindungi masalah kesehatan  pada jantung.

Membantu kadar gula darah

Susu kunyit sangat baik untuk penderita diabetes. Akan tetapi, perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang tepat. Kemudian barulah konsumsi susu kunyit sesuai takaran yang dianjurkan dokter dan berilah sedikit kayu manis untuk membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. 

 

Baik untuk imunitas dan fungsi otak

Kunyit mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Konsumsi susu kunyit juga mampu menyembuhkan pilek, gejala flu dan masalah kesehatan lainnya. Pelajaran lebih lanjut menunjukkan bahwa susu kunyit mampu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan ingatan.

 

Sumber antioksidan yang baik

Curcumin dalam kunyit memiliki sifat antioksidan. Antioksidan dapat melindungi radikal bebas pada tubuh serta membantu melawan kerusakan sel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement