Selasa 10 Nov 2015 18:27 WIB

Jangan Katakan Ini pada Orang Tua Pemilik Bayi Prematur

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bayi prematur/ilustrasi
Foto: irishprematurebaby.com
Bayi prematur

1. Dia begitu mungil

Pasalnya hal tersebut dapat membuat hati ayah dan ibu bayi menggelegar, apalagi saat mereka melihat buah hatinya terhubung berbagai peralatan medis. Hati-hati dengan apa yang Anda katakan. Ukuran bayi prematur sudah pasti berbeda dengan bayi normal.

Sebaiknya, katakanlah hal yang indah-indah saja misalnya seperti kemiripan wajah si bayi dengan orang tuanya.

2. Jangan gunakan kata 'setidaknya'

Memiliki anak yang sedang menjalani perawatan medis mudah membuat orang tua rapuh. Ibu yang melahirkan tidak luput diliputi rasa tidak nyaman bahkan semenjak trimester terakhir kehamilan. Kata 'setidaknya' sering digunakan orang untuk menghibur, namun jangan lontarkan ucapan ini pada mereka.

Contohnya, "setidaknya kalian bisa beristirahat di rumah selama bayi masih dirawat di rumah sakit,". Pernyataan tersebut dikhawatirkan akan menyinggung perasaan orang tua bayi karena bagaimana mungkin mereka bisa tenang saat anaknya masih menjalani perawatan medis.

Contoh lainnya yakni setidaknya bayi Anda masih hidup. Kalimat itu sangat mengerikan. Memang banyak bayi prematur yang tidak dapat bertahan hidup, tapi itu bukan alasan Anda menambah kegusaran mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement