Rabu 24 Jul 2024 10:14 WIB

Universitas BSI Kampus Cibitung Gandeng Orang Tua untuk Sukseskan Mahasiswa

Perkuliahan itu tidak cuma soal hadir di kelas.

Red: Ahmad Fikri Noor
Universitas BSI menggelar acara special Bincang Kampus Bersama Orang Tua (BKOT).
Foto: Universitas BSI
Universitas BSI menggelar acara special Bincang Kampus Bersama Orang Tua (BKOT).

REPUBLIKA.CO.ID, CIBITUNG – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Cibitung tak main-main dalam memastikan kesuksesan mahasiswa barunya. Dalam rangka menumbuhkan keharmonisan dan kesepahaman antara orang tua dan kampus, Universitas BSI menggelar acara special Bincang Kampus Bersama Orang Tua (BKOT). Mau tau apa saja yang dibahas? Yuk, simak sampai habis!

Perkuliahan itu tidak cuma soal hadir di kelas dan dapat nilai bagus. Ada proses pembelajaran yang lebih dalam, yang bisa membentuk masa depan akademik dan profesional. Orang tua punya peran penting untuk mendukung anak-anaknya untuk aktif di kelas, proyek kolaboratif, dan kegiatan ekstrakurikuler. Tidak cuma itu, dukungan emosional dari orang tua juga penting buat membantu mahasiswa mengatasi stres akademik.

Baca Juga

Selain dapat ilmu di kelas, mahasiswa juga perlu membangun jaringan sosial. Hubungan dengan teman-teman, dosen, dan profesional di bidang mereka bisa membantu mereka tidak cuma dalam hal akademik, tapi juga dalam membuka peluang masa depan. Orang tua bisa membantu dengan mendorong anak-anaknya untuk bergabung di klub atau organisasi kampus.

Zaman sekarang, teknologi sudah menjadi bagian penting dari pembelajaran. Banyak kampus yang memakai platform pembelajaran online, aplikasi edukasi, dan alat kolaborasi virtual. Orang tua yang paham teknologi ini bisa lebih mudah mendukung anak-anaknya dalam menghadapi tantangan teknologi di kampus.

Terkadang mahasiswa butuh bantuan untuk mengerti kurikulum dan mata kuliah yang mereka ambil. Orang tua yang paham struktur kurikulum bisa memberikan nasihat yang lebih baik untuk merencanakan jalur akademik anak-anaknya. Selain itu, kampus juga punya banyak sumber daya seperti layanan bimbingan akademik, pusat karier, dan dukungan untuk mahasiswa dengan kebutuhan khusus yang bisa dimanfaatkan.

Nicodias Palasara selaku Kepala Kampus Universitas BSI kampus Cibitung menjelaskan, keseimbangan antara akademik dan kehidupan pribadi juga penting banget. Orang tua bisa membantu anak-anaknya untuk mengembangkan rutinitas belajar yang efektif, sambil tetap merawat kesehatan mental dan fisik mereka. Dukungan orang tua dalam hal ini sangat berharga untuk menjaga keseimbangan selama masa perkuliahan.

“Untuk membantu orang tua mengerti lebih dalam tentang perkuliahan, Universitas BSI kampus Cibitung mengadakan acara BKOT setiap tahunnya sebelum tahun ajaran baru dimulai. Tahun ini, acara digelar pada Sabtu, 20 Juli 2024 di aula Universitas BSI kampus Cibitung. Acara ini bukan cuma soal dapetin gelar, tapi juga soal ngebantu anak-anak jadi individu yang mandiri, berpengetahuan luas, dan siap hadapi tantangan dunia nyata setelah lulus,” tuturnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement