Senin 23 Oct 2017 00:28 WIB

Berlian Asli dan Sintetik Sulit Dibedakan

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Berlian yang kanan adalah sintetis 0,41 karat.
Foto: Reuters
Berlian yang kanan adalah sintetis 0,41 karat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mempunyai berlian di rumah? Penasaran asli atau palsu berlian yang Anda miliki? Ternyata tidak mudah membedakan berlian asli dan berlian sintetik.

Gemologist PT. Central Mega Kencana, Devi Chayadi menjelaskan berlian sintetik memang sulit dibedakan karena kemiripannya. Komposisi kimianya berlian tapi bukan tercipta alami melainkan pabrikan manusia. Bedanya sampai dengan 50 persen natural diamond.

"Ada yang sangat bagus dan hampir tidak bisa dibedakan," ujarnya dalam acara Media Workshop-Diamond Talk di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sintetik diamond bukannya tidak boleh dijual. Yang jadi masalah ketika penjual mengaku produknya bukan sintetik. Nah, kalau sudah seperti ini sudah terhitung penipuan, dan tidak sedikit pedagang yang main curang. "Di toko mereka jual berlian di mixing (campur). Ada berapa ratus butir berlian, 40 persennya sintetik. Tapi dijual dengan harga natural," ujarnya.

Berlian sintetik sangat sulit dibedakan dengan natural diamond. Yang mudah dibedakan pada berlian sintesis ada metalic flux, garis-garis tidak wajar. Dan floureacene colour-nya hijau kebiruan padahal seharusnya putih.

"Teknologi sekarang buat sintetik diamond yang sulit dibedakan. Makin jarang temukan perbedaan. Kita harus benar-benar tahu barang apa yang kita beli. Jangan tergiur harga yang ditawarkan. Mungkin ada orang jual 20 persen dari harga market," ujarnya.

Menurutnya tidak ada magic price. Harus kenal betul barang yang dibeli. Apalagi bedanya bisa sampai 50 persen. 

Berikut sejumlah kiat membeli perhiasan berlian yang mungkin bisa diperhatikan.

1. Kenali 4C

Yakni Clarity atau kejernihan, Color atau warnanya (biasanya semakin bening semakin bagus), Cut atau kesempurnaan potongan berlian (untuk menguji lihat berlian dari atas), dan Carat atau karatnya (ukuran karat lebih besar tidak berarti semakin bagus). Semakin mengerti 4C maka akan semakin mudah membedakan berlian bernilai atau tidak.

2. Cek harga

Bandingkan harganya. Kenali harga berapa berdasarkan 4C. Jangan mudah tergiur dengan harga murah.

3. Dokumen

Apakah ada dokumen pendamping berupa sertifikat internasional dibanding sertifikat tokonya. Sertifikat internasional independen. Lebih bisa dipercaya. Kecuali bisa dipastikan berdasarkan penilaian fisik (4C).

4. Sesuaikan sertifikat dan cek kecacatan

Sekalipun sudah kenal penjual dan ada sertifikat, lihat fisik berlian. Ada yang salah tidak sama berlian. Sesuai dengan sertifikat atau tidak. Mungkin tertukar sengaja atau tidak. Mungkin jatuh, gompal. Pastikan dalam kondisi baik atau tidak. Cek secara teliti sebelum membeli.

5. Kenali penjual berlian

Lebih baik mengeli siapa yang jual berlian. Jangan hit n run. Cek reputasinya terlebih dahulu. Belilah di penjual yang sudah terpercaya dan reliable.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement