Senin 27 May 2013 16:34 WIB

Jurus Tampil Keren dengan Loafer untuk Pria

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Para pria mengenakan loafer (ilustrasi)
Para pria mengenakan loafer (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Loafer adalah satu item dasar dalam dunia sepatu pria. Mereka memiliki bentuk merentang dari sedikit resmi hingga kasual. Ada opini berbeda mengenai kapan waktu dan busana yang tepat untuk mengenakannnya, tapi yang pasti ada beberapa aturan jelas wajib diterapkan ketika menyoal loafer untuk kaum pria.

Bila anda masih ragu, tak ada salahnya menyimak panduan dan tip dari Florsheim di bawah ini.

  • Sebagian menganggap loafer masih bisa digunakan bersama jas formal. Memang, banyak pria yang menggunakan dengan setelan jas resmi busana bisnis.
  • Hanya saja bagi penganut fesyen radikal seperti ShawnTe Pierce, desainer, pengamat fesyen, konsultan kecantikan dan penulis mode, pria yang menggunakan loafer bersama setelan jas bisnis melakukan kesalahan. Jas bisnis dan resmi, menurut Pierce, harus dikenakan bersama sepatu semacam Broxton oxford. Meski ada pula yang mengatakan loafer sah selama terbuat dari kulit. Tipe loafer monk shoes adalah salah satunya.
  • Loafer kulit dan suede bisa digunakan bersama busana bisnis kasual. Jadi, bila Anda memiliki pakaian linen berwarna krem misal, cocok bila dipasangkan dengan loafer yang memiliki tassel di atasnya.
  • Selalu padankan gesper atau warna sabuk dengan loafer yang Anda kenakan, dan asesoris lain, seperti pengait manset atau suspender. Jadi bila loafer memiliki sentuhan emas atau perak, pastikan gesper anda memiliki sedikit sentuhan emas atau perak pula, begitu pula penjepit manset.
  • Ketika harus memilih kaus kaki untuk loafer yang formal, jauhi kaos kaki atletik dan nilon. Alih-alih gunakan katun rajut atau kaus kaki wool. Hindari warna-warna cerah dan pilih nada netral seperti hitam, putih, abu-abu, biru tua, cokelat atau nada-nada warna merah gelap. 
  • Anda bisa mengenakan kaus kaki bermotif dengan loafer, tapi jangan terlalu bersemangat. Corak jangan lebih aneh dari tipe kaus kaki argyle, yang bermotif kotak bujur sangkar klasik.
  • Sah untuk mengenakan loafer bersama celana tiga perempat atau celana panjang kasual. Padukan bersama jins, korduroy atau celana linen.
  • Bila anda mengenakan loafer bersama pakaian kasual, cara terbaik untuk memunculkan kehadirannya adalah mengenakan kaus kaki berwarna dan bermotif kuat. Jadi, anda bisa bermain-main di wilayah ini kalau perlu sedikit liar. Cobalah pilih warna-warna anggur, warna perhiasan jika perlu sedikit sentuhan keemasan yang kini sedang ngetren.
  • Saat cuaca panas, Anda sangat bisa memadukan loafer dengan celana yang digulung atau celana pendek tanpa mengenakan kaus kaki. Cara menggunakan loafer minus kaus kaki bisa memusatkan seluruh perhatian kepada desain sepatu yang sedang dikenakan. Saat itu pilihlah warna-warna tak biasa, seperti hijau, biru tua atau burgundy.