Kamis 18 Feb 2016 09:47 WIB

Mau Umur Lebih Panjang? Berliburlah

Rep: MGROL60/ Red: Andi Nur Aminah
Liburan di pantai (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Liburan di pantai (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Para pekerja kantor melihat liburan adalah sebagai hak. Tetapi orang lain melihat liburan hanya sebagai kesenangan belaka. Mungkin tak ada yang menyadari jika libura juga merupakan bentuk investasi. Kok bisa? 

Sebuah studi membuktikan bahwa berlibur membuat umur Anda lebih panjang, bermanfaat bagi kesehatan mental dan produktivitas. "Sebuah keseimbangan kerja dan hidup sehat sangatlah penting. Tidak hanya untuk memberikan kesempatan sang pekerja untuk menikmati kehidupan mereka di luar kantor, tetapi juga untuk mengisi ulang energi, membuat Anda lebih produktif ketika Anda kembali bekerja," ujar John Morrey, Wakil Presiden sekaligus General Manager Expedia.com.

Dalam sebuah penelitian, dilansir Lifehack, sekitar 12,866 orang setengah baya (antara usia 35 dan 57 tahun) yang berisiko tinggi mempunyai penyakit jantung koroner (PJK), mengatakan sering berlibur setiap tahunnya. Mereka memilki penurunan risiko PJK. 

Ternyata berlibur baik bagi kesehatan Anda. Dengan berlibur, hormon stres yang lebih rendah, tekanan darah rendah, dan pinggang yang lebih kecil sangat memengaruhi kehidupan Anda. Liburan ternyata tidak hanya baik bagi jiwa Anda. Ini adalah  hasil penelitain dari Framingham Heart Study. 

Beberapa bukti dikutip dari penelitian ini terkait dengan korelasi antara liburan dan kesehatan fisik. Seperti halnya Amerika Serikat dan Korea Selatan yang memiliki keburukan bekerja sampai larut malam dan melebihi batas. Sikap seperti itu perlu diubah dan dimulai dari individu meluangkan waktu untuk berlibur. 

Studi membuktikan bahwa berlibur bisa mencerahkan pikiran. Mereka yang kembali pulang dari berlibur bisa lebih cepat menciptakan ide-ide dan solusi ketika kembali bekerja. Banyak ahli berpendapat melakukan liburan membuat orang lebih produktif, baik selama liburan maupun setelah berlibur. 

Nah, cobalah berlibur sejenak, supaya kehidupan Anda lebih bahagia dan menarik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement