Kamis 09 Jan 2014 09:32 WIB

5 Cara Mencuci Wajah dengan Benar

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Cuci muka/ilustrasi
Foto: health.howstuffworks.com
Cuci muka/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Mungkin mencuci wajah adalah masalah sepele. Namun masih banyak orang yang mencuci wajah dengan tidak benar sehingga dapat menyebabkan jaringan kulit rusak, peradangan dan kemerahan, jerawat, hingga kulit kering dan bersisik. Untuk itu cucilah wajah dengan mengikuti panduan berikut agar kulit wajah Anda bersih dan tetap sehat.

1. Cuci tangan

Tangan yang kotor dapat memindahkan minyak, bakteri, dan kotoran ke wajah Anda, jadi mulailah dengan membersihkan tangan dengan sabun antibakteri.

2. Hapus makeup terlebih dahulu

Jika Anda ingin membersihkan wajah hingga ke pori-pori namun masih ada sisa-sisa makeup yang menempel, maka itu akan sulit. Untuk itu gunakan makeup remover dengan kapas atau tisu.  

3. Percikan wajah dengan air hangat

Jika air terlalu dingin, pori-pori Anda akan mengencangkan dan tertutup, Anda tidak akan bisa membersihkan mereka dengan benar. Jika air terlalu panas, kulit Anda akan kering. Air hangat menghasilkan reaksi terkecil di kulit Anda, sehingga air hangat menjadi suhu terbaik untuk digunakan saat mencuci wajah.

4. Busakan pembersih wajah

Busakan pembersih wajah di tangan Anda kemudian terapkan pada wajah dengan gerakan melingkar. Aplikasikan sedikit tekanan pada wajah untuk merangsang aliran darah, tapi jangan menekan terlalu keras karena berisiko merusak kulit sehingga menyebabkan kulit iritasi, kemerahan, dan jerawat.

5. Membilas pembersih

Gunakan air yang sedikit lebih dingin dari hangat kuku dan percikan air ke wajah Anda sampai pembersih wajah menghilang. Lalu tepuk kulit yang kering dengan handuk bersih. Jangan menggosok-gosok wajah karena bisa merusak kulit sehingga menjadi iritasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement