Rabu 09 Oct 2013 12:12 WIB

Yuk, Kenalan dengan SPF

Red: Endah Hapsari
Pakai krim tabir surya
Foto: thestylespy.com
Pakai krim tabir surya

REPUBLIKA.CO.ID, Bongkar tas kosmetik Anda, dan bacalah tabel ingredient alias kandungan isi satu produk kosmetiknya. Bila kosmetik Anda adalah merek gaul, pasti akan tercantum SPF, entah itu SPF 15, 20, 35, atau bahkan lebih. Apakah SPF itu? SPF adalah kependekan dari Suncreen Protection Factor, alias tabir surya. Dulu, SPF terdapat hanya pada produk-produk perawatan kulit saja. Itu pun sangat spesifik, misalnya krim untuk kulit sebelum berenang, atau produk-produk sun block. 

Belakangan ini SPF juga terkandung pada kosmetik seperti pelembab, lip gloss, lipstik, juga alas bedak. Sesuai dengan namanya, SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari sengatan sinar mentari. Nilai yang menyertainya menunjukkan seberapa lama suatu produk dapat melindungi kulit Anda. 

Lebih jelasnya, tingkatan SPF menentukan waktu aman bagi kulit Anda terkena sinar matahari. Jika kosmetik yang Anda pakai memiliki SPF 15 artinya kulit Anda akan terlindungi selama 15 kali lebih lama dari daya tahan alami kulit Anda. Kalau kulit Anda biasanya mengalami kemerahan setelah 10 menit berjemur sinar matahari maka dengan memakai tabir surya SPF 15, kulit Anda aman selama 150 menit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement