Jumat 07 Feb 2014 09:03 WIB

Tips Pilih Tempat Tidur Bayi

Red: Endah Hapsari
Ruang bayi
Foto: mailonline
Ruang bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Bayi membutuhkan tempat tidur tersendiri. Banyak keluarga yang kemudian memanfaatkan tempat tidur khusus untuk bayi--populer dengan sebutan boks bayi.

Ada aneka desain, corak dan bahan untuk boks bayi tersebut. Yang populer adalah boks yang terbuat dari kayu. Baik kayu keras seperti Jati, atau kayu olahan pabrik yang populer dengan sebutan kayu ramin. Belakangan muncul boks bayi yang terbuat dari bahan kain parasut. Boks ini menggunakan rangka dari besi atau baja.

Bila Anda memilih menggunakan boks dari kayu, sebaiknya Anda membeli produk buatan pabrik yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Pemerintah, melalui Badan Standarisasi Nasional (BSN), telah menetapkan standar produk boks bayi dimaksud.

Berdasar SNI, boks bayi yang terbuat dari kayu atau bahan dari kayu, harus memenuhi persyaratan antara lain, tinggi tempat tidur atau alas tempat tidur minimal 40 cm dari permukaan lantai. Boks berbentuk segiempat ini, memiliki panjang panjang 100 cm dan lebar 65 cm.