Sabtu 27 Jul 2013 08:59 WIB

Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh

Red: Endah Hapsari
Batuk. Ilustrasi
Foto: .
Batuk. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dokter, saya menderita batuk kering sudah lama, namun periode batuknya tidak menentu. Apa saya terkena TBC? Obat/herbal apa yang cocok untuk saya? Terima kasih. 

Rustam (32 tahun)

 

Jawaban:

Salam untuk Pak Rustam, terima kasih banyak atas pertanyaan yang diberikan. Pada prinsipnya batuk itu merupakan salah satu pertahanan tubuh kita jika ada sesuatu yang masuk atau merangsang saluran napas, jadi belum tentu disebabkan oleh TBC.

Batuk merupakan salah satu usaha tubuh kita untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke tenggorokan. Setiap batuk pasti ada pemicunya, mulai dari keringnya tenggorokan, asap dan bau yang menyengat yang bisa menimbulkan batuk, sampai penyakit yang cukup berat bisa menimbulkan gejala batuk.

Nah saat batuk sebaiknya diperhatikan adakah pemicunya?, apakah batuknya saat tertentu saja setiap ada pemicu yang sama? Jika demikian hindari pemicunya dan jika batuk terus menerus lebih dari 2 minggu sebaiknya segera periksa ke dokter, ada kemungkinan TB (walaupun kadang TB tanpa gejala dan ditemukan saat check up kesehatan karena masih sedikit sekali paru yang terkena).

Mengenai obat herbal atau obat batuk apapun untuk batuk kering boleh saja diminum, (dan sering minum air putih terutama pada saat cuaca panas agar tenggorokan tidak kering), namun jika ada bakteri penyebab batuknya, tidak akan mati hanya dengan obat batuk saja.

Untuk mengetahuinya dengan pasti penyebab batuk, sebaiknya periksa ke dokter dan mungkin perlu di rontgen. Demikian penjelasan saya, semoga dapat dipahami dan bermanfaat. Salam. (Zub)

 

dr. Zubaedah , Sp.P, MARS

Spesialis Kesehatan Paru di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement