Senin 05 Dec 2016 16:00 WIB

Pasar Laptop Makin Seksi

Red:

Foto : Reuters  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beberapa tahun lalu, kehadiran tablet digadang-gadang akan mampu menggantikan personal computer (PC) yang telah lebih dulu ada. Tablet yang lebih simpel, diyakini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat urban yang dikenal memiliki mobilitas tinggi.

Tapi, seiring waktu berjalan, ternyata prediksi tersebut sama sekali tidak terbukti. Pasar PC tetap seksi, sementara tablet justru mengalami stagnasi.

Pekan lalu, di Jakarta, Lenovo memperkenalkan produk Thinkpad terbarunya. Selama ini, Thinkpad merupakan produk unggulan Lenovo di lini PC.

Tipe baru yang diperkenalkan adalah Lenovo Thinkpad E470 dan E570 yang hadir dengan tiga pilihan warna. Selain hitam, konsumen dapat memilih varian E470 dan E570 berwarna putih dan emas yang kini sedang banyak diminati. "Ini yang pertama untuk kategori Thinkpad," ujar Technical Consulting Manager Lenovo Indonesia, Azis Wonosari.

Ia menjelaskan, Lenovo Thinkpad seri E ditujukan untuk para pelaku bisnis, terutama pengusaha UKM. Seri E470 dan E570 hadir dengan tiga pilihan prosesor, yaitu Intel Core i3-7100U, Intel Core i5-7200U, dan Intel Core i7-7500U.

Tipe E570 hadir dengan layar berukuran 15,6 inch, sementara E470 memiliki layar berukuran 14 inch. Seri ini juga hadir dengan port yang lengkap, termasuk USB dan HDMA.  "Semua yang dibutuhkan oleh pengguna dari kalangan small medium business (SMB) ada di seri ini," kata Azis.

Seperti seri Thinkpad lainnya, seri E juga dilengkapi dengan keyboard yang nyaman dipakai. Bagian ini didesain sesuai standard Thinkpad, yaitu dengan kedalaman 1,8 milimeter, sehingga pas untuk mengetik.

Lenovo Thinkpad E470 dan E570 memiliki bobot cukup ringan, yaitu sekitar 1,8 kilogram. Tipe terendah E470 dengan prosesor Intel Core i3 dibanderol dengan harga kisaran harga di bawah 1.000 dolar AS.

Bekerja dari mana saja

Tak hanya Lenovo, momen akhir tahun juga dimanfaatkan HP Inc. Indonesia, untuk menghadirkan tiga produk terbarunya. Melalui HP Elite Slice, HP Probook 400 G4 Series, dan HP Z2 Mini Workstation, HP mengajak masyarakat Indonesia mengubah cara bekerja para pelaku bisnis.

"Sebanyak 60 persen profesional ingin bisa bekerja di mana saja. Produk baru kami ingin memenuhi kebutuhan para Millennial profesional untuk bekerja di mana saja, kapan saja," kata Country Category Director for PC, HP Inc Indonesia, Vamsi Reddy, di Jakarta, pekan lalu.

Market Development Manager for Business PC, HP Inc Indonesia, Frans Adiredja menjelaskan, HP Elite Slice merupakan desktop terkecil HP yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan kolaborasi. Perangkat ini berbentuk modular dan tidak memerlukan koneksi kabel. Pengguna dapat merakit desktop-nya sesuai keinginan.

Produk ini menggunakan sensor finger print untuk proses sign in. Desainnya yang kecil dengan dua baterai yang ditumpuk, membuat HP Elite Slice menjadi sangat fleksibel. Perangkat ini juga menggunakan wireless charger monitor berfitur rapid charging.

Warna yang ditawarkan HP Elite Spice tampak elegan dengan balutan matte hitam dan aksen warna tembaga. Pilihan penutup standar pabriknya dapat ditambah fungsi seperti collaboration cover atau wireless charging cover, atau optical disk drive (ODD).

HP juga meluncurkan Probook 400 Series untuk pasar yang menginginkan perangkat dengan fitur mumpuni, tapi tetap terjangkau. Marketing Development Manager for Laptop, HP Inc Indonesia, Ricky Haridian menjelaskan, produk ini dilengkapi dengan keyboard yang dapat menahan tumpahan air hingga 300 cc.

Fitur premium lain, adanya layanan untuk mengubah layar dari nontouchscreen menjadi touchscreen, dengan resolusi layar HD dan full HD, serta baterai dengan daya tahan hingga 16 jam.

Produk ini memiliki ketebalan hanya 19,8 milimeter dengan berat 1,5 kilogram. Fast charging technology yang diterapkan memungkinkan baterai terisi hingga 90 persen hanya dalam waktu 90 menit.

Dengan daya tahan baterai hingga 1.000 kali charging cycle, HP memberikan garansi baterai selama tiga tahun. "Kalau notebook standard biasanya hanya satu tahun," kata Ricky.

Probook 400 juga memiliki fitur HP noise reduction software yang dapat mengurangi kebisingan di sekitar. Selain itu, ada pula fitur HP Audio Bost yang dapat meningkatkan volume suara dan bass, sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih baik. Oleh Sri Handayani  ed: Setyanavidita Livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement