Ahad 08 May 2016 15:04 WIB

Menyusuri Padang Pasir di Kota Emas

Red: operator

Perlu waktu tujuh jam dengan kereta api dari Jodhpur untuk sampai ke Jaisalmer. Kota Emas ini akan menjadi destinasi terakhir dalam jelajah kilat negara bagian Rajasthan sebelum kembali ke Delhi. Kota ini menghadirkan semburat-semburat keemasan, sesuai dengan julukan yang disandang.

Atmosfer Jaisalmer membawa saya seperti tidak sedang berada di India, melainkan suatu tempat nun jauh di Timur Tengah. Hamparan padang pasir di sisi jalan raya merupakan pemandangan yang tidak asing.

Gurun Pasir Thar menjadi atraksi utama yang menarik para turis untuk menjelajahi Jaisalmer. Gurun Thar adalah garis perbatasan alamiah India dan Pakistan.

Tidak seperti dua kota sebelumnya yang padat dengan bangunan, Jaisalmer justru lebih 'desa' dibandingkan Jaipur dan Jodhpur. Jumlah sapi-sapi yang berkeliaran dan berlalulalang di jalan jauh lebih banyak. Bangunan-bangunan yang terbilang sedikit itu tetap selaras dalam warna kuning keemasan.

Tidak sulit menemukan agen yang menawarkan paket jalan-jalan di gurun. Dengan penampilan fisik kami yang jelas berbeda dari penduduk Jaisalmer, para pencari nafkah itu segera berlomba membujukrayu untuk memilih perusahaan agen mereka.

Pilihan kami jatuh pada paket 750 rupee (sekitar Rp 150 ribu), termasuk dengan mobil jip antar jemput dari hostel ke bibir Gurun Thar, lima ekor unta serta pemandu untuk sembilan orang, dan sajian makan malam di gurun.

Unta-unta tersebut mengantarkan kami ke tempat bersantai yang tertuju untuk makan malam di Gurun Thar. Merupakan pengalaman sekali seumur hidup mendapati diri leyeh- leyeh di tengah padang pasir bersama teman-teman dan lima ekor unta, disaksikan matahari terbenam di barat langit.

Selain Gurun Thar, Jaisalmer menyimpan beberapa candi milik agama kuno India, Jainisme, dengan nuansa, tentu saja, keemasan. Jangan lupa untuk turun ke tengah kota, terdapat banyak toko oleh- oleh yang bisa dikantongi dengan harga murah, asal pintar menawar. Kapan lagi bisa dapat tas kulit unta dengan harga Rp 30 ribu kalau bukan di Jaisalmer? 

 

 

TIPS SEPELE NAMUN PENTING 

1 Letak geografis Rajasthan menyebabkan negara bagian ini terik luar biasa. Perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi. Pastikan air yang Anda minum adalah air mineral botol, agar terjamin kebersihannya.

2 Saat hendak membeli oleh- oleh, pasanglah ekspresi datar alias tidak tertarik amat dengan barang yang Anda inginkan. Jika Anda menunjukkan ekspresi penuh semangat, bisa-bisa harga dinaikan 10 kali lipat! Jangan tidak tegaan dalam menawar harga, trik pura-pura meninggalkan penjual selalu ampuh.

3 Taruh gawai dan tinggalkan sejenak keinginan untuk update status. Beranikan diri untuk menyapa sesama pelancong dari mancanegara. Selalu seru berkenalan dengan orang baru dan mendengarkan cerita pengalaman mereka.

4 Jika ingin mengunjungi lebih banyak tempat, tentukan itineraryyang lebih jelas dan disiplin mengikuti jadwal yang telah ditentukan. Kesalahan saya dalam perjalanan ini ialah tidak memiliki itineraryyang detail, sehingga cenderung tidak bijak dalam menghabiskan waktu di satu tempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement