Selasa 02 Sep 2014 12:30 WIB

Bermain Outer

Red: operator

Memiliki beberapa koleksi outer memudahkan padu padan busana.

Bosan dengan gaya yang itu-itu saja? Tampaknya, inilah saatnya untuk mulai bermain padu padan busana. Satu item busana yang memudahkan aksi padu padan adalah outer alias busana luaran. Sebut saja, seperti jaket, long coat, kardigan, atau blazer dan rompi yang bisa dimainkan untuk penampilan seru. Ternyata, tren luaran juga menjadi fokus beberapa brand ternama dunia. Sebut saja Chloe, Elle, atau Louis Vuitton yang dalam Paris Fashion Week 2014 lalu menampilkan ragam model luaran terbaru. Hal serupa juga menjadi sorotan para pencinta fashion Tanah Air.

Tentunya, koleksi itu disesuaikan dengan kondisi negeri yang tropis. Itu pula yang dilakukan pengusaha online shop Titan Salsabilla yang mengemas luaran dengan bahan berjenis sifon atau katun. "Menyesuaikan dengan kondisi cuaca Indonesia yang beriklim tropis," katanya.

Pemilik butik online melalui laman Instagram @titanswardrobe ini tetap mengedepankan tren terkini untuk luaran. Bahkan, ia mengemasnya agar bisa digunakan untuk para Muslimah. Luaran berupa long coat atau kardigan menjadi best seller item dalam jejaring online miliknya. Dari segi desain, Titan tidak terlalu mengikuti tren, tapi lebih mengedepankan permintaan pasar.

Menurut dia, saat ini banyak yang menyukai konsep outer basic, yakni luaran tanpa banyak aksen. Koleksi seperti ini digemari karena bisa berpadu padan dengan beragam jenis busana. Bahan polos dengan ragam pilihan warna lebih disukai karena berkesan sederhana. Luaran dengan konsep all size juga lebih memudahkan konsumen. Sebab, bisa dipakai untuk semua ukuran badan, mulai dari S hingga XL. Untuk Muslimah, luaran bisa dikombinasikan dengan dress atau busana tanpa lengan.

Fashion stylist Ajeng Dewi Swastiari juga menyarankan perempuan untuk memiliki koleksi luaran dalam lemarinya. "Luaran itu bisa dikombinasikan dengan pakaian apa pun," kata Ajeng.

Apalagi, sekarang tersedia beragam luaran dengan beberapa jenis bahan dan model. Luaran berbentuk jaket bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari cuaca yang sering berubah-ubah. Atau jenis long coat dan blazer bisa dipakai ketika ingin tampil sedikit lebih formal. Koleksi ini berfungsi sebagai pelengkap dan menambah aksen pada busana.

Tak hanya itu, fungsi luaran dalam busana juga bisa menunjukkan karakter dari si pemakai. Misalnya, ketika sedang memakai dress bisa dipadankan dengan jaket kulit agar sedikit memberikan kesan menantang dan berani.

Bermain tabrak aksen atau warna juga tak menjadi masalah. Mengenakan busana bermotif tidak menutup kemungkinan memakai luaran yang juga ramai. Tapi, tentunya harus dengan padu padan yang manis dipandang mata. rep:nira azizah ed: endah hapsari

***

Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Jika ingin pas mengenakan koleksi luaran, ada baiknya disesuaikan pula dengan bentuk tubuh. Berikut tips dari penata gaya sejumlah seleb, Ajeng Dewi Swastiari:

* Tubuh berisi dan kurus

Bagi si pemilik tubuh berisi, usahakan jangan menggunakan luaran berbahan tebal. Itu akan membuatnya terlihat menjadi semakin besar. Usahakan memakai luaran berbahan ringan, seperti katun atau sifon, sehingga membuat tubuhnya terlihat lebih ramping. Bagi si tubuh kurus juga perlu hati-hati. Jangan menggunakan busana yang terlalu menampilkan lekuk tubuh. Usahakan luaran agak longgar untuk memberikan kesan tubuh sedikit berisi.

* Tubuh tinggi dan mungil

Bagi perempuan yang berpostur tubuh tinggi, long coat terlihat manis berpadu dengan jeans. Atau, kenakan saja dress dengan padanan blazer. Tetapi, tidak menutup kemungkinan si mungil juga bisa mengenakan long coat. Cobalah menggunakan jubah sebatas lutut. Untuk dalaman, pilihan bisa jatuh pada legging atau celana skinny, kemudian padankan dengan high heels agar terlihat lebih cantik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement