Jumat 19 Jul 2013 05:53 WIB

Reaktor Fukushima di Jepang Kepulkan Asap

Red: Zaky Al Hamzah
Salah satu kebocoran di reaktor nuklir Fukushima Jepang
Foto: guardian
Salah satu kebocoran di reaktor nuklir Fukushima Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Reaktor nuklir Fukushima kembali menjadi sorotan. Sebuah gambar video menunjukkan, asap mengepul dari reaktor nuklir yang sempat bocor akibat gempa bumi dan tsunami pada 2011. Meski demikian, pihak operator reaktor, Tokyo Electric Power Co (TEPCO), menyatakan, tingkat radiasi masih stabil. Artinya, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima masih tergolong aman.

“Memang ada uap, tapi sangat tipis, bukan seperti semburan,” kata Juru Bicara TEPCO Maymi Yoshida, seperti dikutip Aljazirah, Kamis (18/7). Uap itu berasal dari lantai lima bangunan reaktor nomor tiga.

Menurut Yoshida, kolam reaktor tak menunjukkan perubahan suhu dan tekanan yang signifikan. Selain itu, para pekerja pun terus menyuntikkan air ke dalam reaktor nomor  tiga. Dengan demikian, kata Yoshida, keadaan ini bukan sesuatu yang mengkhawatirkan meski pihaknya masih terus menyelidiki penyebab munculnya asap tersebut.

Reaktor nomor tiga adalah salah satu dari tiga unit penyimpanan inti nuklir di PLTN Fukushima yang kemudian meleleh akibat gempa bumi yang diikuti tsunami pada 2011. Gempa yang mengguncang wilayah Honshu tersebut menyebabkan kerusakan reaktor dan radiasinya menyebar ke udara, air, dan tanah di sekitarnya.