Rabu 14 Aug 2013 08:15 WIB

Kesempatan Osvaldo Lawan Argentina

Red: Zaky Al Hamzah
Pablo Daniel Osvaldo
Pablo Daniel Osvaldo

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Terlepas dari statusnya sebagai laga persahabatan, partai Italia kontra Argentina akan menjadi laga spesial buat kedua tim. Laga tersebut dapat menjadi persiapan sempurna kedua tim ini sebelum turun di fase kualifikasi Piala Dunia 2014. “Laga persahabatan ini punya arti spesial. Dari segi teknik, kami ingin melanjutkan tren positif permainan seperti yang kami tunjukkan di Brasil,” kata Pelatih Italia Cesare Prandelli seperti dikutip Football Italia, Selasa (13/4).

Meski cuma bertajuk persahabatan, Prandelli tak mau memandang sebelah mata laga yang akan digelar di Olimpico, Roma, tersebut. Untuk meladeni Argentina, Prandelli memanggil skuat yang telah ia bentuk di Piala Konfederasi 2013. Bedanya, kali ini Prandelli juga memanggil Pablo Osvaldo yang tak dibawa ke Brasil.

Osvaldo diperkirakan bakal diberi kesempatan untuk bertanding melawan negara tempat kelahirannya, Argentina. Peluang Osvaldo untuk diturunkan semakin besar menyusul kondisi Mario Balotelli. Penyerang AC Milan itu diragukan bisa tampil karena cedera lutut. "Cederanya (Balotelli) tidak serius. Tapi, biasanya kami tidak mau ambil risiko terhadap pemain," papar kepala tim medis Italia, Enrico Castellacci.

Selain Balotelli, Andrea Barzagli juga bakal absen. Bek Juventus itu masih bermasalah dengan cedera tendon achilles. Meski tak bisa menurunkan beberapa pemain andalannya, Prandelli tetap optimistis bisa meraih kemenangan. "Bagi kami, ini akan menjadi laga yang sukses," ujarnya.

Di kubu Argentina, keraguan juga menyelimuti kondisi kapten Lionel Messi. Meski tetap bergabung bersama rombongan tim ke Italia, pemain Barcelona itu disebut masih belum pulih dari cedera otot. Barcelona pun telah melayangkan permintaan agar pelatih Alejandro Sabella tidak memaksakan Messi bermain.

Seperti dilansir ESPN, Selasa (13/8), Messi tidak terlihat di latihan sesi terakhir yang dilakoni oleh timnas Argentina di Stadion Olimpico, Roma. Tidak hanya itu, dalam latihan yang dilakukan tertutup itu, Pablo Zabaleta dan Erik Lamela juga terlihat tidak hadir lantaran mengalami masalah yang sama.

Italia menggenggam modal bagus menjelang laga yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (14/8) waktu setempat, tersebut. Mengakhiri Piala Konfederasi 2013 sebagai tim terbaik ketiga, La Nazionale mampu menundukkan Uruguay 3-2 lewat adu penalti di partai perebutan tempat ketiga, akhir bulan lalu.

Di samping itu, laga kontra ini juga dianggap sebagai persiapan sempurna sebelum kembali berpartisipasi di fase kualifikasi Piala Dunia 2014, zona Eropa. Saat ini, Italia memang masih tampil dominan di Grup B kualifikasi zona UEFA. Mengumpulkan 16 poin dari enam laga, Andrea Pirlo dan kawan-kawan merajai klasemen sementara Grup B dengan rekor belum pernah kalah.

Pun dengan kondisi yang terjadi pada Argentina. Tim besutan Alejandro Sabella mampu mencatatkan penampilan impresif dalam keikutsertaan mereka di ajang kualifikasi Piala Dunia 2014. Skuat Albiceleste mampu merajai klasemen sementara babak kualifikasi zona Amerika Selatan. Lionel Messi dan kawan-kawan mampu mengumpulkan 26 angka dari 13 laga, dan memiliki selisih tiga angka dengan Kolombia di peringkat kedua. n adi wicaksono/c90 ed: andri saubani

Perkiraan formasi:

Italia (4-3-3)

Pelatih: Cesare Prandelli

Buffon

Maggio - Bonucci - Chiellini - De Sciglio

Candreva - De Rossi - Montolivo

Diamanti - Osvaldo - El Shaarawy

Argentina (4-3-3)

Pelatih: Alejandro Sabella

Andujar

Rodriguez - Campagnaro - Garay - Basanta

Fernandez - Biglia - Lamela

Lavezzi - Higuain - Palacio

Angka Jelang Laga

2 - Jumlah kemenangan Italia dari enam pertemuan terakhir dengan Argentina

2-1 - Skor terakhir kemenangan Argentina atas Italia pada 2001

6 - Jumlah trofi Piala Dunia, jika catatan trofi kedua negara ini disatukan, Italia (4 kali) dan Argentina (2 kali)

11 gol - Total gol yang dicetak Argentina dalam lima partai terakhirnya

20 gol - Jumlah gol yang mampu disarangkan Italia di lima laga terakhirnya

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement