Kamis 12 Dec 2013 05:50 WIB

'Perubahan Harus Direncanakan'

Red: Zaky Al Hamzah
forum pemred
Foto: forum pemred
forum pemred

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kongres Kebangsaan yang digagas Forum Pemred melahirkan Komitmen Jakarta untuk perubahan Indonesia. Terkait hal tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sepakat bahwa perubahan mesti direncanakan dan dipersiapkan.

“Yang paling baik menurut saya perlu ada perubahan tertentu, maka perubahan itu perlu direncanakan dan dipersiapkan,” katanya saat menjadi keynote speaker pada Kongres Kebangsaan yang digelar Forum Pemred, Rabu (11/12).

SBY mengatakan, dalam setiap proses perubahan hampir pasti selalu ada hambatan, penolakan, resistensi, guncangan, dan risiko. Namun, hal tersebut bisa diminimalkan dengan mengalkulasi langkah-langkah untuk perubahan.

Menurutnya, pemikiran untuk melakukan perubahan tidak ada yang salah dan tidak keliru. Semua pihak harus dilibatkan untuk melihat secara utuh kehidupan bernegara di Indonesia jika pada saatnya dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. “Tidak boleh perubahan itu untuk memenuhi kehendak pihak tertentu pada periode tertentu. Pastikan apa yang ingin kita lakukan,” katanya.