Senin 06 Oct 2014 14:00 WIB

Ancaman untuk Bajul Ijo

Red:

SURABAYA -- Persebaya Surabaya akan menjamu Mitra Kukar dalam laga perdana babak delapan besar Liga Super Indonesia (LSI) Grup L, Senin (6/10). Kendati diunggulkan, tim Bajul Ijo mewaspadai ancaman yang dapat ditimbulkan tim asal Kota Kutai Kartanegara itu.

Karenanya, Pelatih Persebaya Rahmad Darmawan mengaku akan menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain disiplin selama 90 menit. Khusus untuk menghadapi Mitra Kukar, pelatih yang akrab disapa RD ini telah mempersiapkan timnya selama sebulan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Republika/Edwin Dwi Putranto

Rahmad Darmawan

Selama masa latihan itu, RD menitikberatkan pada pemantapan taktik dan strategi permainan. Menurutnya, Persebaya memang tak asing dengan kekuatan Mitra Kukar. Sebab, kedua tim telah bertemu di putaran wilayah. Di pertemuan terakhir kedua tim yang berlangsung pada September lalu, Persebaya sukses mempermalukan Mitra Kukar di kandangnya dengan skor 4-2.

"Dari ketiga tim tersebut, hanya Mitra Kukar yang pernah kami hadapi karena berada di wilayah yang sama pada babak reguler. Tapi, kami juga telah mengamati peta kekuatan Persib dan Pelita Bandung Raya," ujar Rahmad, seperti dikutip Antara, kemarin.

Mantan pelatih timnas yang akrab disapa RD itu menilai, karakter permainan Mitra Kukar sangat berbeda jika dibanding dua lawan lain di Grup L. Karena itu, timnya juga harus menyiapkan sejumlah taktik dan strategi berbeda saat menghadapi mereka.

"Yang jelas, kekuatan calon lawan sudah kami kantongi. Masa persiapan telah kami gunakan untuk mematangkan simulasi taktik dan strategi," tambahnya.

Kendati dua kali mengungguli Mitra Kukar pada babak penyisihan grup timur, RD menganggap hal itu belum bisa menjadi jaminan bahwa timnya akan kembali menang pada pertemuan babak delapan besar yang menggunakan format kompetisi penuh (kandang dan tandang).

Menurut ia, seluruh tim yang lolos babak delapan besar sudah pasti akan melakukan persiapan lebih intensif. Karena itu, dia memprediksi, laga nanti kondisinya akan berbeda dibanding babak reguler.

"Kami menganggap ketiga calon lawan adalah tim bagus. Pun halnya Mitra Kukar. Mereka pasti sama-sama ngotot ingin menang di setiap pertandingan," ujar RD.

Di laga ini, Persebaya terancam tak diperkuat penyerang andalannya, Emmanuel "Pacho" Kenmogne karena cedera. Beruntung, tim Bajul Ijo masih memiliki Greg Nwokolo yang sedang dalam kondisi fisik terbaik.

Sebaliknya, kubu Mitra Kukar datang ke Kota Surabaya dengan rasa dendam. Tim asuhan Stefan Hansson itu ingin membalaskan kekalahan menyakitkan mereka atas Persebaya pada bulan lalu.

"Kami ingin membalas kekalahan di laga ini. Kami akan bermain habis-habisan," kata pelatih yang pernah mengasuh Zlatan Ibrahimovic itu. ed: abdullah sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement