Sabtu 05 Nov 2011 16:39 WIB

Tutup Raffah Saat Idul Adha, Mesir Tetap Izinkan Warga Palestina Sakit Melintas

Warga Palestina sedang menanti antrean untuk melewati pintu Raffah di Jalur Gaza.
Foto: AP/Eyad Baba
Warga Palestina sedang menanti antrean untuk melewati pintu Raffah di Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO - Meskipun Mesir telah menyatakan pintu perbatasan jalur darat di Rafah ditutup selama perayaan Idul Adha 1432 Hijriyah, namun pemerintah tetap mengizinkan warga Palestina yang sakit untuk melintasinya.

Keputusan perizinan bagi warga Palestina di Jalur Gaza yang ingin berobat ke Mesir ini diambil atas pertimbangan kemanusiaan, kata pihak berwenang Perlintasan Rafah seperti dikutip kantor berita Mesir, MENA, Sabtu (5/11).

Disebutkan, ratusan warga Palistina yang ingin berobat di Mesir kini sedang antri di Rafah untuk menunggu proses perizinan. Pintu perbatasan Rafah yang menghubungkan Semenanjung Sinai, Mesir, dan Jalur Gaza, Palestina, itu ditutup selama sepekan sehubungan dengan liburan Idul Adha mulai Jumat (4/11) hingga Kamis pagi (10/11).

Sejak 28 Mei lalu, pintu perbatasan Rafah dibuka kembali setelah ditutup akibat tidak kondusifnya keamanan Mesir menyusul revolusi pada awal tahun ini yang menumbangkan rezim pimpinan Presiden Hosni Mubarak pada 11 Februari 2011.

Dalam enam bulan terakhir, tercatat 154.749 orang telah melintasi perbatasan Rafah, terdiri atas 74.287 orang dari Jalur Gaza ke Mesir, dan 75.462 orang lagi dari Mesir ke Gaza. Otoritas Mesir secara sporadis menutup pintu perbatasan tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi keamanan setempat.

Rafah merupakan satu-satunya pintu perbatasan Jalur Gaza yang menghubungan wilayah yang dikuasai faksi Hamas itu dengan dunia luar. Pintu perbatasan lain yang menghubungkan Jalur Gaza dengan Israel secara sepihak masih diblokir oleh Israel.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement