Jumat 20 Apr 2012 23:25 WIB

Dubes: Iran Terus Bangun Kekuatan Militernya

Red: Didi Purwadi
Tentara Iran
Foto: Reuters
Tentara Iran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mahmoud Farazandeh, mengatakan bahwa Iran akan terus membangun militer berteknologi tinggi. Tujuannya untuk melindungi kedaulatan dan wilayah negara tersebut.

"Iran terus membangun militer yang berteknologi tinggi. Militer Iran membuat sendiri peralatan maupun elektronik untuk kemampuannya," ujar Mahmoud Farazandeh saat perayaan 'Hari Tentara Iran' yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat malam.

Saat ini, lanjut dia, militer Iran sudah dilengkapi dengan sejumlah peralatan modern yang tidak kalah canggih dibandingkan militer negara-negara lainnya. Militer Iran terus dibekali pelatihan dan disiplin tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuannya. Karena, militer Iran masa mendatang akan menghadapi berbagai macam tantangan yang lebih besar dari tantangan saat ini.

Mahmoud Farazandeh mengatakan militer Iran sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Iran saat ini menjadi negara dengan kekuatan militer terkuat di Timur Tengah.

Militer Iran berperan besar dalam revolusi Iran. Karena tanpa dukungan pihak militer, revolusi tersebut sulit dilakukan. "Semuanya dimulai ketika revolusi di mana tentara yang seharusnya melawan pengunjuk rasa itu justru bergabung dengan para demonstran," tambah dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement