Kamis 31 May 2012 09:09 WIB

Indonesia Jajakan Minyak Sawit ke Jerman

Red: Hafidz Muftisany
Minyak Sawit Mentah
Minyak Sawit Mentah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Indonesia menawarkan investasi minyak kelapa sawit berkelanjutan kepada pengusaha Jerman dalam diskusi yang dihadiri wakil Kementerian Pertanian, Pangan dan Perlindungan Konsumen Jerman.

Hal itu dilakukan dalam Roundtable Discussion on Indonesian Sustainable Palm Oil yang diadakan KBRI Berlin dan Kementerian Pertanian RI, ujar Counsellor Pensosbud KBRI Berlin, Ayodhia GL Kalake.

Tampil sebagai pembicara dalam diskusi M. Fadhil Hassan, dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia, Darwin dari PT. Wilmar, Endang Gumbira Sa'id dari Dewan Kelapa Sawit Indonesia, Dr. Rosediana dari Indonesian Sustainable Palm Oil Commision, dengan moderator Paulus Tjakrawan, Sekjen Asosiasi Produser Biodisel Indonesia.

M. Fadhil Hassan yang tampil pada sesi pertama membahas pembangunan industri minyak kelapa sawit Indonesia. Dikatakannya bahwa kelapa sawit memegang peranan yang cukup penting dalam ekonomi Indonesia.

Pada tahun 2011, produksi minyak sawit Indonesia mencapai sekitar 23,5 juta ton dan volume ekspor Crude Palm Oil (CPO) mencapai 16.5 juta ton atau setara 19.7 juta dollar AS.

Industri dibidang ini juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi sekitar empat juta orang. Disamping itu, minyak kelapa sawit juga mempunyai potensi sebagai energi terbarukan.

Biodiesel dari minyak kelapa sawit memenuhi persyaratan Renewable Energy Directive di Eropa.

Hal ini diungkapkan Darwin dari PT. Wilmar yang membahas daya saing Biodiesel dari minyak kelapa sawit sebagai salah satu alternatif energi terbarukan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسٰٓى اِنِّيْ مُتَوَفِّيْكَ وَرَافِعُكَ اِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَجَاعِلُ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْكَ فَوْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ ۚ ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيْمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ
(Ingatlah), ketika Allah berfirman, “Wahai Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan.”

(QS. Ali 'Imran ayat 55)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement