Ahad 10 Jun 2012 06:59 WIB

Montenegro Bernaung di Bawah Payung NATO

Red: Heri Ruslan
 Pasukan NATO di kota Kabul, Afghanistan.
Foto: Musadeq Sadeq/AP
Pasukan NATO di kota Kabul, Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID,  PODDORICA --  Montenegro diperkirakan akan menjadi negara anggota NATO berikutnya, kata Menteri Luar Negeri Slovakia dan utusan khusus Perwakilan Tinggi Uni Eropa Miroslav Lajcak, Sabtu.

"Kemajuan Montenegro signifikan dan bisa dilihat," kata Lajcak seperti dikutip oleh Radio Televisi Montenegro (RTCG).

"Negara Anda tidak hanya menjadi anggota penuh komunitas internasional, tetapi menunjukkan kemajuan besar dalam integrasi ke dalam NATO dan Uni Eropa," kata menteri.

Lajcak mengatakan bahwa kemajuan Montenegro itu telah dibahas selama pertemuan puncak NATO baru-baru ini di Chicago dan bahwa negara Balkan kecil itu dipandang sebagai pertama dari empat kandidat calon baru untuk putaran berikutnya perluasan keanggotaan NATO.

Sehubungan dengan integrasi Uni Eropa, Lajcak dilaporkan mengatakan kepada Perdana Menteri Montenegro Igor Luksic, bahwa "pembukaan Komisi Eropa merekomendasikan perundingan-perundingan aksesi dengan Montenegro untuk membicarakan tentang dirinya sendiri."

Lajcak mengatakan Montenegro telah membuat "kemajuan signifikan" karena menyatakan kemerdekaan dari serikat dengan Serbia enam tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement