Kamis 14 Jun 2012 04:37 WIB

MU Buang Opsi IPO di Asia, Lebih Pilih AS

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Markas Manchester United di Old Trafford
Foto: Bloomberg
Markas Manchester United di Old Trafford

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG  - Salah satu klub sepak bola terbesar di dunia, Manchester Dunia, membatalkan rencana untuk melepas saham publik perdana (IPO) di  bursa Asia. Alih-alih, klub bersiap melantai di pasar saham Amerika Serikat, demikian menurut sumber-sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut.

Semula klub Inggris itu telah membidik IPO di Hongkong. Si Setan Merah bahkan telah mengalokasikan 1 milyar dolar AS (Rp9,5 triliunan lebih) untuk masuk bursa saham di Singapura pada paruh pertama tahun lalu.

Keputusan itu pun ditunda karena pasar bergejolak. United yang sudah 19 kali menggondol gelar juara Liga Premier Inggris dan memiliki sejumlah pemain bintang, seperti Wayne Rooney, menolak berkomentar atas laporan tersebut.

Dugaan itu tak lepas dari status bos si Setan Merah. Pemegang mayoritas saham klub, keluarga Glazer dari AS, dikenal pula di negaranya sebagai pemilik tim sepak bola AS, Tampa Bay Buccaners. Keluarga konglomerat itu juga memiliki First Allied Corp, yang memiliki sekaligus melesensi sejumlah pusat perbelanjaan.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 6 5 0 1 12 10 15
2 Manchester City Manchester City 6 4 2 0 14 8 14
3 Arsenal Arsenal 6 4 2 0 12 7 14
4 Chelsea Chelsea 6 4 1 1 15 8 13
5 Aston Villa Aston Villa 6 4 1 1 12 3 13
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Mujadalah ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement