Jumat 19 Oct 2012 05:15 WIB

Edisi Cetak Ditutup, Newsweek Jadi Format Online

Red: Djibril Muhammad
Majalah Newsweek
Foto: Robert F. Bukaty/AP
Majalah Newsweek

REPUBLIKA.CO.ID, Majalah berita mingguan terkenal Newsweek akan menutup edisi cetaknya. Selanjutnya, majalah yang telah berkibar selama 80 tahun ini akan terbit dalam format online pada 2013. Namun, Newsweek akan menerbitkan edisi cetak terakhirnya pas di penghujung akhir 2012, yakni pada 31 Desember.

Pengumuman mengenai perpindahan dari cetak ke online itu disampaikan kepala editor dan pendiri The Newsweek Daily Beast Co., Tina Brown, Kamis (18/10). Sebelumnya, Kepala Perusahaan Newsweek, Barry Diller mengungkapkan, pada Juli lalu telah mengumumkan penerbitan itu telah melakukan evaluasi mengenai masa depan majalah berita mingguan.

'Migrasi' tersebut tentu berdampak pada sumber daya manusia (SDM). Terkait hal itu, Brown mengaku akan ada pengurangan jumlah karyawan. Mengenai berapa jumlah karyawan yang akan dipangkas, Brown enggan menjelaskan lebih lanjut.

Dalam publikasi online tersebut, lanjut dia, akan diberi nama Newsweek Global. Dengan begitu, akan menjadi satu-satunya edisi di seluruh dunia yang bisa diakses dengan berlangganan. Pemberitaan dalam format tablet juga akan disediakan.