Ahad 29 Jul 2012 17:21 WIB

Pengamat: Jokowi Tularkan Efek Pilkada Lainnya

Red: Dewi Mardiani
Effendi Gazali
Foto: Antara
Effendi Gazali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia, Effendi Gazali menilai, tampilnya figur Jokowi yang berhasil unggul dalam putaran pertama pilkada DKI Jakarta, menularkan efek positif kepada pilkada di sekitar wilayah Ibukota, termasuk Kota Bekasi.

"Banyak pihak yang sepakat bahwa efeknya bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia," ujar Effendi Gazali di Jakarta, Ahad (29/7). Menurut dia, tampilnya Jokowi sebagai calon gubernur DKI Jakarta yang diusung PDIP menyadarkan banyak pihak, betapa rakyat sejatinya merindukan figur yang sederhana dan punya komitmen yang kuat dan tegas untuk membela wong cilik.

Selain itu, tampilnya figur Jokowi meruntuhkan pertarungan wacana elit partai. "Publik saat ini lebih condong memilih figur yang sederhana dan merakyat serta memiliki modal ideologis yang memadai," tutur Effendi.

Pada kesempatan itu Effendi menegaskan, tipologi pemilih Kota Bekasi tidak berbeda jauh dengan kota Jakarta. Lebih dari itu Effendi mengingatkan, agar para pemilih di Kota Bekasi juga tidak terjebak dengan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga-lembaga survei yang ada, seperti yang terjadi di Pilkada DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement