Jumat 28 Dec 2012 10:01 WIB

Setelah Cangkok Hati, Pesepakbola ini Bertekad Kembali Bermain

Red: Abdullah Sammy
Eric Abidal
Foto: Daniel Ochoa de Olza/AP
Eric Abidal

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pemain bertahan Barcelona Eric Abidal mengaku siap bermain lagi setelah delapan bulan lalu menjalani operasi cangkok hati. "Saya merasa sehat," kata pemain internasional Prancis berusia 33 tahun itu ketika diwawancarai jaringan televisi Barcelona TV3.

Bek tim nasional Prancis ini juga optimis mampu kembali ke performa terbaiknya. Menurut Abidal, tekadnya terlalu kuat untuk sekedar diadang penyakit. "Mungkin rasasnya sulit tapi semangat saya masih tinggi dan saya amat ingin ikut bertanding lagi," katanya.

Abidal menjalani transplantasi (cangkok) hati pada 10 April lalu, atau setahun setelah membuang tumor dari hatinya pada Maret 2011.

Kembalinya ia berlatih bersama timnya pada 19 Desember diselimuti duka. Sebab, pada hari yang sama pula pelatih Barcelona Tito Vilanova dinyatakan harus menjalani operasi kanker.

Operasi kanker kelenjar ludah Vilanova dilakukan keesokan harinya. Pelatih Barca berusia 44 tahun itu keluar dari rumah sakit Sabtu dan harus menjalani radioterapi dan kemoterapi selama enam minggu."Tito dan saya hidup dalam kondisi sama, saya kira kami berbeda satu sama lain," kata Abidal.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement