Kamis 07 Feb 2013 19:25 WIB

Ahmadinejad: Hubungan Iran-Mesir Jamin Kepentingan Regional

Red: Dewi Mardiani
Ahmadinejad
Foto: Bebeto Matthews/AP
Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Perluasan hubungan antara Teheran dan Kairo bermanfaat bagi kedua negara, dunia muslim, serta negara-negara regional, kata Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad, kemarin. Dia membuat pernyataan itu dalam satu wawancara dengan televisi Mesir TV Internasional Al-Nil.

"Hubungan Iran dan Mesir yang bersejarah dan bertalian budaya, memiliki potensi yang baik untuk pengembangan hubungan di segala bidang, termasuk bidang ilmu pengetahuan, industri dan teknologi; revolusi Mesir mengubah persamaan regional untuk kepentingan semua negara kawasan; dan Iran mengandaikan kekuatan, kemajuan dan martabat Kairo sebagai miliknya," kata dia, seperti dilansir dari IRNA, Kamis (7/2).

Presiden Iran, yang berada di Mesir untuk kunjungan resmi, menggarisbawahi pentingnya hubungan dan kerja sama yang erat antara kedua negara Muslim besar. Juga pada Selasa, Ahmadinejad bertemu dengan timpalannya dari Mesir Mohammad Moursi dan menegaskan kesiapan Teheran untuk melanjutkan hubungan dengan Kairo.

Kedua presiden mengeksplorasi jalan untuk perluasan lebih lanjut kerja sama antara kedua negara mereka. Presiden Ahmadinejad merujuk ke sejarah kuno dan peradaban Iran dan Mesir, dan mengatakan bahwa kedua negara memainkan peran penting dalam politik regional.