Selasa 12 Feb 2013 10:10 WIB

Keshi Mundur Sebagai Pelatih Nigeria

Red: Taufik Rachman
Stephen Keshi
Foto: bbc.co.uk
Stephen Keshi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pelatih Nigeria Stephen Keshi mengatakan kepada Radio Afrika Selatan, Senin, bahwa ia sudah mundur sebagai pelatih timnas negera itu setelah membawa mereka meraih gelar juara kompetisi Piala Bangsa Afrika 2013. "Saya sudah menyerahkan surat pengunduran diri saya kepada federasi sepak bola nasional, tetapi saya belum mendapatkan jawabannya," kata Keshi dalam siaran radio yang dipublikasikan SABC.

Keshi menyatakan rasa tidak senangnya kepada ofisial sepak bola Nigeria di Durban sebelum pertandingan semi final atas Mali, dengan mengatakan dalam temu pers bahwa ia akan "mengepak tasnya dan pergi" bila ia tidak diinginkan dalam tim itu.

"Bila mereka sudah tidak percaya dengan apa yang saya perbuat, maka kita tidak dapat memaksa mereka menyukainya," kata pelatih kedua yang memenangi Piala Nasional itu setelah pelatih Mesir Mahmoud El Gohary, yang juga mendapat medali emas sebagai pemain.

Keshi menjadi kapten Nigeria ketika mengalahkan Zambia pada laga final 1994 dan memimpin negaranya memenangi laga 1-0 atas Burkina Faso pada laga final Piala Banga Afrika di Soweto pada final musim ini, lewat gol tunggal yang diciptakan Sunday Mba lima menit sebelum turun minum.