Selasa 02 Apr 2013 15:25 WIB

Masjid Ini Dipakai Shalat Lagi Setelah 90 Tahun

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Mansyur Faqih
Setelah 90 tahun, shalat kembali dilakukan di Masjid Yeni di Thessaloniki, Yunani (Ilustrasi)
Foto: Anadolu Agency
Setelah 90 tahun, shalat kembali dilakukan di Masjid Yeni di Thessaloniki, Yunani (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KOMOTINI -- Untuk pertama kalinya dalam 90 tahun, shalat kembali dilakukan di Masjid Yeni di Thessaloniki, sebuah kota di Yunani. Sekelompok mahasiswa dari Medrese-i Hayriye, Komotini yang mengunjungi Thessaloniki menjalankan shalat dzuhur berjamaah di Masjid itu, Sabtu pekan lalu. Ibadah tersebut bisa terlaksana setelah memperoleh izin dari Wali Kota Thessaloniki Yiannis Boutaris.

Jumlah mahasiswa mencapai 50 orang. Masjid Yeni ditutup sebagai tempat beribadah sejak 1923. Kini masjid telah beralih fungsi menjadi aula pertunjukan. Masjid Yeni dirancang oleh arsitektur Italia Vitaliano Poselli pada 1902 ketika Dinasti Ottoman masih berkuasa. 

Jenderal Konsul Turki di Thessaloniki Tugrul Biltekin mengatakan kepada Anadolu Agency, Senin (1/4), untuk pertama kalinya umat muslim bisa menjalankan shalat di Masjid itu. Menurutnya hal ini adalah perkembangan historis yang menakjubkan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَاَنْزَلَ لَكُمْ مِّنَ الْاَنْعَامِ ثَمٰنِيَةَ اَزْوَاجٍ ۗ يَخْلُقُكُمْ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ خَلْقًا مِّنْۢ بَعْدِ خَلْقٍ فِيْ ظُلُمٰتٍ ثَلٰثٍۗ ذٰلِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُۗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ فَاَنّٰى تُصْرَفُوْنَ
Dia menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam) kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. Tidak ada tuhan selain Dia; maka mengapa kamu dapat dipalingkan?

(QS. Az-Zumar ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement