Berburu Rezeki di Bulan Suci

Rep: Desy Susilawati/ Red: A.Syalaby Ichsan

Rabu 03 Jul 2013 15:12 WIB

Jilbab Jilbab

REPUBLIKA.CO.ID, Ramadhan merupakan momen spesial yang sangat dinantikan oleh umat Islam yang bertakwa. Pada bulan inilah nilai pahala menjadi berlipat ganda. Pada bulan penuh berkah ini pula pintu rezeki terbuka lebar bagi yang ingin ber usaha meraih pendapatan ekstra. 

Lantas, bisnis apa yang cocok untuk dijalankan menyambut bulan suci berikut Lebaran? Hilda Fachrizah selaku direktur UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yakin bisnis fashion, kue dan cake, katering, sewa mobil, dan penitipan hewan peliharaan dapat mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.

“Jangan takut untuk memulai,” kata Hilda seusai peluncuran gerakan sosial Dayakan Indonesia, Rabu (19/6), di Jakarta.  Aneka bisnis tersebut memang sudah banyak pemainnya. Akan tetapi, masih ada celah untuk pebisnis musiman.

“Untuk pemula, coba perhatikan tren yang sedang berkembang dan mulailah dengan menjual barang yang sangat dimi nati masyarakat,” saran Hilda. 

Petuah Hilda ini dipraktikkan oleh Ria Buchari. Perempuan ini tahu persis selera masyarakat di sekitarnya. Insting bisnisnya makin tajam sejak menjadi pedagang musiman tiga tahun terakhir.

Sebagai penggemar mode, ia sudah mengerti tempat terbaik untuk membeli pakaian Muslim, mukena, dan wadah saji untuk makanan model terbaru. “Dagangan utama saya ialah pakaian Muslim dan jilbab,” ungkapnya. 

Ketika memilih barang dagangan, Ria mencari busana yang sedang populer di kalangan Muslimah. Biasanya, ia menguji kenyamanan dengan membeli untuk koleksi pribadi terlebih dahulu, kemudian menawarkannya kepada pelanggan.

“Kalau bajunya terasa nyaman dan modis, saya lebih mudah dan percaya diri dalam mempromosikannya,” tutur sekretaris di sebuah biro konsultan arsitektur dan interior ini.

Ria juga mengakomodasi minat pelanggan. Model pakaian atau hijab yang paling disukai calon pembeli akan ia perbanyak stoknya. “Saya lengkapi juga de ngan warna-warna netral yang gampang dipadupadankan.”

Ria menjual gamis mulai dari harga Rp 85 ribu sampai Rp 500 ribu. Sedangkan, hijab rentang harganya antara Rp 25 ribu hingga Rp 150 ribu. Harganya tergantung model, bahan, dan merek. Ramadhan tahun lalu, omzetnya mencapai lima juta rupiah.

Terpopuler