Senin 19 Aug 2013 11:23 WIB

Pabrik Semen Tonasa Segera Dibangun di Papua

Red: Nidia Zuraya
Pekerja mengemas semen ke dalam karung di pabrik semen milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Sumber Arum, Kerek, Tuban, Jawa Timur.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pekerja mengemas semen ke dalam karung di pabrik semen milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Sumber Arum, Kerek, Tuban, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI -- Pabrik pengepakan Semen Tonasa segera dibangun di kawasan Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, kata Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, SE. M.Si di Sentani, Senin (19/8).

Ia mengatakan pabrik Semen Tonasa itu nantinya akan menjadi pabrik pengepakan terbesar di wilayah Papua. "Beberapa waktu lalu, kami sudah melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Semen Tonasa di Hotel Grand Melia Jakarta Pusat," katanya kepada wartawan.

Bupati Mathius memberi apresiasi atas investasi PT. Semen Tonasa yang akan diawali dengan membangun pabrik pengepakan semen di Distrik Depapre. Pasalnya, keberadaan pabrik pengepakan semen yang baru satu-satunya di Papua ini, akan memberikan dampak positif bagi semua sektor pembangunan di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura, mulai dari penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan menekan harga semen di Papua pada umumnya.

"Pemerintah akan selalu proaktif memberikan dukungan pabrik pengantongan semen ini, akan memberikan dampak yang besar terhadap percepatan pembangunan di Jayapura dan sekitarnya," urainya.